Railbus Batara Kresna (JIBI/Solopos/Burhan A) Railbus Batara Kresna (JIBI/Solopos/Burhan A)
Sabtu, 24 Desember 2016 07:00 WIB Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos Solo Share :

TRANSPORTASI SOLO
Load Factor Railbus Batara Kresna Terpenuhi 100%

Transportasi Solo, libur panjang akhir tahun berimbas pada kenaikan jumlah penumpang railbus Batara Kresna.

Solopos.com, SOLO — Libur panjang Natal dan Tahun Baru berimbas pada kenaikan jumlah penumpang railbus Batara Kresna. Bahkan, load factor kereta yang membelah jalanan Kota Solo itu menembus 100%.

Wakil Kepala Stasiun Purwosari, Gunawan Sutrisno, mengatakan peningkatan jumlah penumpang kereta wisata itu terjadi karena bertepatan dengan musim liburan sekolah. “Sebelumnya jumlah penumpang sempat drop sampai 50 persen, tetapi sekarang load factor mencapai 100 persen. Mungkin bertepatan juga dengan liburan sekolah,” katanya saat ditemui Solopos.com, Jumat (23/12/2016).

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang terjadi mulai Minggu (18/12/2016). Hal ini karena banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu libur mereka untuk menjajal kereta wisata. Railbus Batara Kresna bisa menampung sekitar 146 penumpang. Kendati demikian, dia mengakui masih ada penumpang reguler yang rutin naik railbus Batara Kresna.

“Mayoritas penumpang masyarakat yang berwisata yang memanfaatkan momen libur untuk jalan-jalan. Tetapi masih ada setiap hari sekitar 10 persen penumpang itu untuk transportasi bekerja. Biasanya mereka berpindah dari KA Logawa ke railbus Batara Kresna,” urainya.

Sementara itu, mengenai arus mudik libur Natal terjadi di Stasiun Purwosari, Gunawan mengatakan tiket KA rute Solo-Jakarta, Solo-Bandung, Solo-Surabaya ludes terjual hingga akhir perayaan Natal. Data yang dihimpun Solopos.com hingga pukul 10.00 WIB, Jumat, KA rute Solo-Jakarta yakni KA Bengawan tiketnya ludes hingga Selasa (10/1/2017), KA Jaka Tingkir dan KA Krakatau tiketnya ludes hingga Senin (26/12/2016).

Rute Solo-Bandung untuk KA Pasundan dan KA Kahuripan tiketnya ludes hingga Sabtu (7/1/2017). Sedangkan rute Solo-Surabaya untuk KA Sri Tanjung dan Logawa tiketnya ludes hingga Senin (2/1/2017). Sedangkan KA Pasundan tiketnya ludes terjual hingga Kamis (29/12/2016). Tiket Minggu-Senin (1-2/1/2017) juga habis. Tiket ini masih bisa berubah jika calon penumpang ada yang membatalkan pemesanan tiket.

lowongan kerja
lowongan kerja guru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…