Lifestyle
Sabtu, 24 Desember 2016 - 08:00 WIB

TAHUKAH ANDA? : Begini Keunikan Jjimjilbang, Pemandingan Umum Korea

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kolam Jjimjilbang (wsj.net)

Tahukah Anda kali ini tentang keunikan Jjimjilbang, pemandian umum khas Korea Selatan.

Solopos.com, SEOUL – Beberapa tahun belakangan ini, beberapa masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia tengah mengalami demam Korea. Beberapa dari mereka menggandrungi semua hal berbau Korea, seperti drama dan musik.

Advertisement

Ilustrasi ruang saun Jjimjilbang (Pinterest)

Berkat drama dan musik tersebut, nama selebriti asal Korea Selatan kian terkenal di kancah internasional. Selain selebriti yang memiliki wajah cantik dan rupawan, beberapa tempat yang kerap dipakai shooting dalam beberapa serial drama Korea pun turut menyedot perhatian penggemar.

Advertisement

Berkat drama dan musik tersebut, nama selebriti asal Korea Selatan kian terkenal di kancah internasional. Selain selebriti yang memiliki wajah cantik dan rupawan, beberapa tempat yang kerap dipakai shooting dalam beberapa serial drama Korea pun turut menyedot perhatian penggemar.

Bagi Anda pencinta drama Korea tentu tak asing lagi dengan pemandian umum yang kerap menjadi latar serial tersebut. Pemandian umum atau sauna di Korea Selatan dikenal dengan nama Jjimjilbang. Tak hanya di film, ternyata sauna itu merupakan tempat favorit yang kerap dikunjungi masyarakat Korea dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip Solopos.com dari Seektheworld.com, Kamis (22/12/2013), masyarakat Korea Selatan biasanya pergi ke Jjimjilbang untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat. Selain menyediakan kolam untuk berendam, Jimjilbang juga dilengkapi dengan kamar yang bisa disewa untuk menginap.

Advertisement

Ilustrasi handuk dan pakaian di Jjimjilbang (Youtube)

Saat berada di dalam lokasi Jjimjilbang, setiap pengunjung diwajibkan mengganti busana mereka dengan pakaian khusus yang telah disediakan berupa kaus dan celana. Biasanya, pengunjung wanita diberi pakaian berwarn pink. Sementara para pria diberi pakaian berwarna hitam.

Namun, ketika hendak berendam di kolam, setiap pengunjung diwajibkan memakai handuk di kepala mereka. Uniknya, handuk tersebut dibentuk menyerupai topi, dengan dua gulungan di sebelah kiri dan kanan. Selain itu, mereka juga diwajibkan melepas semua pakaian alias telanjang. Kendati demikian, para pengunjung tak perlu khawatir, pihak pengelola menyediakan kolam khusus untuk pengunjung pria dan wanita.

Advertisement

Dikutip dari Connectkorea.com, peraturan tersebut sengaja dibuat lantaran masyarakat beranggapan jika pakaian yang dikenakan saat berendam itu membawa banyak kuman. Oleh sebab itu, sebelum masuk ke kolam air panas untuk berendam, para pengunjung diwajibkan melepas pakaian dan membasuh badan terlebih dahulu di kamar mandi.

Selain itu, pihak pengelola juga melarang pengunjung yang memiliki penyakit kulit untuk ikut berendam. Pasalnya, pihak pengelola khawatir jika penyakit kulit itu menular kepada pengunjung lain.

Setelah menaati seluruh aturan itu, para pengunjung dipersilakan berendam sepuasnya di kolam tersebut. Nah, saat berendam di kolam, masyarakat Korea akan mulai melakukan kebiasaan unik, yakni menggosok punggung rekan di sebelahnya.

Advertisement

Setelah puas berendam, pengunjung bisa menikmati sensasi mandi uap alias sauna di ruangan khusus. Di dalam ruangan itu, para pengunjung wajib mengenakan pakaian yang telah diberikan sebelumnya. Dinding ruangan tersebut biasanya dibuat dari batu khusus yang bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Setelah selesai melakukan relaksasi, para pengunjung biasanya akan disuguhi makanan berupa telur rebus sebagai pengganjal perut. Uniknya, masyarakat Korea Selatan memiliki kebiasaan memecahkan cangkang telur itu dengan kepala mereka. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif