Kolam Jjimjilbang (wsj.net) Kolam Jjimjilbang (wsj.net)
Sabtu, 24 Desember 2016 08:00 WIB Fokus Share :

TAHUKAH ANDA?
Begini Keunikan Jjimjilbang, Pemandingan Umum Korea

Tahukah Anda kali ini tentang keunikan Jjimjilbang, pemandian umum khas Korea Selatan.

Solopos.com, SEOUL – Beberapa tahun belakangan ini, beberapa masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia tengah mengalami demam Korea. Beberapa dari mereka menggandrungi semua hal berbau Korea, seperti drama dan musik.

Ilustrasi ruang saun Jjimjilbang (Pinterest)

Ilustrasi ruang saun Jjimjilbang (Pinterest)

Berkat drama dan musik tersebut, nama selebriti asal Korea Selatan kian terkenal di kancah internasional. Selain selebriti yang memiliki wajah cantik dan rupawan, beberapa tempat yang kerap dipakai shooting dalam beberapa serial drama Korea pun turut menyedot perhatian penggemar.

Bagi Anda pencinta drama Korea tentu tak asing lagi dengan pemandian umum yang kerap menjadi latar serial tersebut. Pemandian umum atau sauna di Korea Selatan dikenal dengan nama Jjimjilbang. Tak hanya di film, ternyata sauna itu merupakan tempat favorit yang kerap dikunjungi masyarakat Korea dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip Solopos.com dari Seektheworld.com, Kamis (22/12/2013), masyarakat Korea Selatan biasanya pergi ke Jjimjilbang untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat. Selain menyediakan kolam untuk berendam, Jimjilbang juga dilengkapi dengan kamar yang bisa disewa untuk menginap.

Bukan hanya ramai dikunjungi masyarakat setempat, berkat keunikannya, Jjimjilbang kini kian dipadati oleh turis mancanegara. Beberapa dari mereka ingin menjajal sensasi mandi di pemandian unik tersebut.

Ilustrasi handuk dan pakaian di Jjimjilbang (Youtube)

Ilustrasi handuk dan pakaian di Jjimjilbang (Youtube)

Saat berada di dalam lokasi Jjimjilbang, setiap pengunjung diwajibkan mengganti busana mereka dengan pakaian khusus yang telah disediakan berupa kaus dan celana. Biasanya, pengunjung wanita diberi pakaian berwarn pink. Sementara para pria diberi pakaian berwarna hitam.

Namun, ketika hendak berendam di kolam, setiap pengunjung diwajibkan memakai handuk di kepala mereka. Uniknya, handuk tersebut dibentuk menyerupai topi, dengan dua gulungan di sebelah kiri dan kanan. Selain itu, mereka juga diwajibkan melepas semua pakaian alias telanjang. Kendati demikian, para pengunjung tak perlu khawatir, pihak pengelola menyediakan kolam khusus untuk pengunjung pria dan wanita.

Dikutip dari Connectkorea.com, peraturan tersebut sengaja dibuat lantaran masyarakat beranggapan jika pakaian yang dikenakan saat berendam itu membawa banyak kuman. Oleh sebab itu, sebelum masuk ke kolam air panas untuk berendam, para pengunjung diwajibkan melepas pakaian dan membasuh badan terlebih dahulu di kamar mandi.

Selain itu, pihak pengelola juga melarang pengunjung yang memiliki penyakit kulit untuk ikut berendam. Pasalnya, pihak pengelola khawatir jika penyakit kulit itu menular kepada pengunjung lain.

Setelah menaati seluruh aturan itu, para pengunjung dipersilakan berendam sepuasnya di kolam tersebut. Nah, saat berendam di kolam, masyarakat Korea akan mulai melakukan kebiasaan unik, yakni menggosok punggung rekan di sebelahnya.

Setelah puas berendam, pengunjung bisa menikmati sensasi mandi uap alias sauna di ruangan khusus. Di dalam ruangan itu, para pengunjung wajib mengenakan pakaian yang telah diberikan sebelumnya. Dinding ruangan tersebut biasanya dibuat dari batu khusus yang bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Setelah selesai melakukan relaksasi, para pengunjung biasanya akan disuguhi makanan berupa telur rebus sebagai pengganjal perut. Uniknya, masyarakat Korea Selatan memiliki kebiasaan memecahkan cangkang telur itu dengan kepala mereka. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…