Bupati Karanganyar, Juliyatmono, (tengah) bersama pejabat Forkompinda setempat memantau pengamanan misa malam Natal 2016 di Gereja St. Pius Karanganyar, Sabtu (24/12/2016) malam. (Kurniawan/JIBI/Solopos) Bupati Karanganyar, Juliyatmono, (tengah) bersama pejabat Forkompinda setempat memantau pengamanan misa malam Natal 2016 di Gereja St. Pius Karanganyar, Sabtu (24/12/2016) malam. (Kurniawan/JIBI/Solopos)
Sabtu, 24 Desember 2016 22:10 WIB Kurniawan/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

Misa Natal 2016 di Karanganyar Lancar, Bupati hingga Kapolres Ikut Pantau Langsung

Natal 2016 di Karanganyar berjalan lancar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Ribuan umat kristiani melaksanakan ibadah misa malam Natal 2016 di sejumlah gereja di Kabupaten Karanganyar dengan khidmat, aman, dan tertib, Sabtu (24/12/2016) malam.

Petugas gabungan memeriksa isi tas jemaat Gereja St. Pius Karanganyar menjelang Misa malam Natal 2016, Sabtu (24/12/2016) malam. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Petugas gabungan memeriksa isi tas jemaat Gereja St. Pius Karanganyar menjelang Misa malam Natal 2016, Sabtu (24/12/2016) malam. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Peribadatan berlangsung dengan pengamanan ketat pasukan gabungan TNI/Polri, Satpol PP, dan organisasi kemasyarakatan seperti Senkom, dan Banser Nahdlatul Ulama (NU) setempat. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Karanganyar juga memantau pelaksanaan ibadah malam Natal. Pantauan dilakukan di empat gereja besar di wilayah Karanganyar, dan Jaten.

Rombongan Forkompinda dipimpin Bupati Karanganyar, Juliyatmono, diikuti Wabup Karanganyar, Rohadi Widodo; Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri S., dan perwakilan Kodim 0727/Karanganyar.

Turut serta dalam rombongan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karanganyar, Badaruddin. Rombongan pejabat menyempatkan diri mengunjungi pospam di setiap gereja yang dikunjungi.

Pantauan Solopos.com, petugas keamanan gabungan memeriksa setiap tas bawaan jemaat sebelum memasuki gereja. Pemeriksaan dilakukan menggunakan metal detector, dan membuka langsung tas.

Beberapa petugas keamanan bersenjata lengkap juga berdiri di titik-titik strategis depan gereja. Polisi lalu lintas (polantas) juga disebar untuk mengatur arus lalu lintas di sekitar kompleks gereja.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, saat diwawancara wartawan mengatakan situasi dan kondisi Bumi Intanpari aman dan kondusif selama misa malam Natal 2016.

Menurut dia semua pihak, mulai dari TNI/Polri, Pemkab Karanganyar, FKUB, dan ormas, bersinerji untuk menciptakan kondusivitas. “Insya Allah Karanganyar aman, tertib, kondusif,” tutur dia.

Pantau Langsung

Pemantauan langsung pengamanan peribadatan Natal dilakukan untuk memastikan situasi yang tetap kondusif, dan memberikan rasa aman kepada umat Kristaini di Karanganyar.

Penuturan senada disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Menurut dia hasil pantauan peribadatan malam Natal di sejumlah kecamatan menunjukkan terkendalinya situasi wilayah.

“Dari hasil pantauan langsung saya dan pejabat Forkompinda menunjukkan situasi kondusif. Begitu juga dari laporan yang masuk, peribadatan malam Natal berlangsung aman, lancar,” ujar dia.

Yuli, panggilan akrabnya, mengatakan kondusivitas wilayah membuat umat Kristiani nyaman, dan tenang dalam melaksanakan ibadah. Tidak ada rasa takut, atau khawatir terjadinya gangguan.

Ketua FKUB Karanganyar, Badaruddin, saat diwawancara wartawan mengatakan perayaan Natal di Karanganyar berlangsung aman, tertib, dan penuh nuansa kebersamaan, serta guyub rukun.

Dia mengapresiasi keterlibatan personel Banser NU dan ormas lainnya dalam pengamanan Natal. “Saya salut, karena orang yang paling baik adalah yang suka membantu sesama,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…