Soloraya
Sabtu, 24 Desember 2016 - 05:00 WIB

KEBUTUHAN POKOK KLATEN : Harga Cabai Rawit Meroket Jadi Rp80.000/Kg

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang pedagang cabai menunggu pembeli di kiosnya yang ada di Pasar Legi, Selasa (13/12/2016). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kebutuhan pokok Klaten, harga cabai rawit di Pasar Induk Klaten terus meroket dalam beberapa terakhir.

Solopos.com, KLATEN — Harga cabai rawit terus naik. Dalam sepekan, kenaikan harga cabai rawit mencapai Rp20.000/kg.

Advertisement

Hal itu berdasarkan hasil pemantauan distribusi serta kecukupan kebutuhan pokok oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Klaten di Pasar Induk Kota Klaten, Jumat (23/12/2016). Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Slamet Widodo, mengatakan pekan lalu harga cabai rawit Rp60.000-70.000/kg. Namun, pekan ini harga cabai rawit sudah naik lagi menjadi Rp80.000/kg.

Harga cabai rawit diperkirakan terus naik menjelang Natal dan Tahun Baru menyusul meningkatnya permintaan pasar. Ia tak menampik sulit untuk menekan laju harga cabai rawit lantaran jumlah produksi dengan permintaan pembeli tak imbang.

“Kondisi ini bisa disebabkan minimnya pasokan ke pedagang. Ketersediaan barang terbatas membuat harga tinggi. Apabila terus seperti ini, bisa dimungkinkan digelar operasai pasar cabai,” ungkapnya saat ditemui wartawan seusai memantau kebutuhan pokok di Pasar Induk Klaten, Jumat.

Advertisement

Kabag Perekonomian Setda Klaten, Cahyo Dwi Setyanto, mengatakan segera berkoordinasi dengan seluruh TPID di Soloraya terkait tingginya harga cabai rawit. Hal itu agar ketersediaan cabai rawit bisa tercukupi sehingga mampu menekan harga. “Apabila ada kelebihan dari daerah lain bisa dilimpahkan ke Klaten,” urai dia.

Salah satu pedagang, Triyanti, mengatakan kenaikan harga cabai terutama terjadi sepekan terakhir. Ia menilai kenaikan itu wajar lantaran minimnya setoran cabai rawit ke pasar tradisional. “jadi wajar ketika harga melambung tinggi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif