News
Sabtu, 24 Desember 2016 - 21:00 WIB

Cuma Carter Mantan Presiden yang Pasti Hadiri Pelantikan Donald Trump

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Melania Trump dan Donalad Trump (News.com.au)

Jimmy Carter menjadi satu-satunya mantan Presiden AS yang memastikan hadir di pelantikan Donald Trump.

Solopos.com, NEW YORK — Hingga sebulan sebelum pelantikan Donald Trump, Jimmy Carter menjadi satu-satunya mantan Presiden Amerika Serikat (AS) yang telah mengonfirmasi akan hadir di acara itu. Sementara dua mantan presiden lainnya, yaitu Bill Clinton dan George W. Bush, belum memutuskan hadir atau tidak hingga tahun baru.

Advertisement

Keluarga Clinton memang tak banyak bicara ke publik sejak kekalahan Hillary dalam Pilpres AS beberapa waktu lalu. Mereka juga belum membuat keputusan apakah bakal hadir atau tidak ke pelantikan Trump. Diberitakan New York Post, juru bicara Bill Clinton, Angel Urena, enggan berkomentar.

Sedangkan juru bicara Bush, Freddy Ford, kepada Politico seperti dikutip New York Post, menyatakan mantan presiden dari Partai Republik itu juga belum memutuskan hadir tidaknya di pelantikan Trump. Namun, seorang sumber menyatakan Bush masih mempertimbangkan kehadirannya.

Sebelumnya, Bush sempat berkicau dengan mengucapkan selamat atas kemenangan Trump. Ayahnya, George HW Bush, telah mengonfirmasi tidak akan menghadiri pelantikan itu, seperti diungkapkan juru bicaranya Jim McGrath. Alasannya, Presiden ke 41 AS itu sudah berusia 92 tahun.

Advertisement

Sementara itu, Carter yang mendukung Clinton, awal Desember ini di Georgia menyatakan bakal datang ke pelantikan itu. Sesuai tradisi, seluruh mantan presiden diundang dalam acara yang akan digelar pada 20 Januari itu. Tapi, tidak seluruh mantan presiden yang masih hidup menghadiri hajatan 4 tahunan itu.

Pada 2009, pelantikan Barack Obama sebagai presiden dihadiri seluruh empat mantan presiden yang masih hidup, yaitu George HW Bush, George W Bush, Carter, dan Clinton. Namun, kedua Bush tersebut tak menghadiri pelantikan Obama pada 2013 dengan alasan kesehatan Bush senior.

Pelantikan George W. Bush sendiri pada 2005 juga tidak dihadiri seluruh mantan presiden AS yang masih hidup. Mantan Presiden Gerald Ford tidak hadir saat usianya sudah mencapai 91 tahun saat itu, dan meninggal dunia pada tahun berikutnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif