Melania Trump dan Donalad Trump (News.com.au) Melania Trump dan Donalad Trump (News.com.au)
Sabtu, 24 Desember 2016 21:00 WIB Adib Muttaqin Asfar/JIBI/Solopos Internasional Share :

Cuma Carter Mantan Presiden yang Pasti Hadiri Pelantikan Donald Trump

Jimmy Carter menjadi satu-satunya mantan Presiden AS yang memastikan hadir di pelantikan Donald Trump.

Solopos.com, NEW YORK — Hingga sebulan sebelum pelantikan Donald Trump, Jimmy Carter menjadi satu-satunya mantan Presiden Amerika Serikat (AS) yang telah mengonfirmasi akan hadir di acara itu. Sementara dua mantan presiden lainnya, yaitu Bill Clinton dan George W. Bush, belum memutuskan hadir atau tidak hingga tahun baru.

Keluarga Clinton memang tak banyak bicara ke publik sejak kekalahan Hillary dalam Pilpres AS beberapa waktu lalu. Mereka juga belum membuat keputusan apakah bakal hadir atau tidak ke pelantikan Trump. Diberitakan New York Post, juru bicara Bill Clinton, Angel Urena, enggan berkomentar.

Sedangkan juru bicara Bush, Freddy Ford, kepada Politico seperti dikutip New York Post, menyatakan mantan presiden dari Partai Republik itu juga belum memutuskan hadir tidaknya di pelantikan Trump. Namun, seorang sumber menyatakan Bush masih mempertimbangkan kehadirannya.

Sebelumnya, Bush sempat berkicau dengan mengucapkan selamat atas kemenangan Trump. Ayahnya, George HW Bush, telah mengonfirmasi tidak akan menghadiri pelantikan itu, seperti diungkapkan juru bicaranya Jim McGrath. Alasannya, Presiden ke 41 AS itu sudah berusia 92 tahun.

Sementara itu, Carter yang mendukung Clinton, awal Desember ini di Georgia menyatakan bakal datang ke pelantikan itu. Sesuai tradisi, seluruh mantan presiden diundang dalam acara yang akan digelar pada 20 Januari itu. Tapi, tidak seluruh mantan presiden yang masih hidup menghadiri hajatan 4 tahunan itu.

Pada 2009, pelantikan Barack Obama sebagai presiden dihadiri seluruh empat mantan presiden yang masih hidup, yaitu George HW Bush, George W Bush, Carter, dan Clinton. Namun, kedua Bush tersebut tak menghadiri pelantikan Obama pada 2013 dengan alasan kesehatan Bush senior.

Pelantikan George W. Bush sendiri pada 2005 juga tidak dihadiri seluruh mantan presiden AS yang masih hidup. Mantan Presiden Gerald Ford tidak hadir saat usianya sudah mencapai 91 tahun saat itu, dan meninggal dunia pada tahun berikutnya.

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…