Jogja
Jumat, 23 Desember 2016 - 22:55 WIB

PUNGLI GUNUNGKIDUL : Konflik Dadapayu Kembali Pecah

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menyegel ruang kepala Desa Dadapayu Semanu Gunungkidul, Senin (31/10/2016). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Pungli Gunungkidul, warga Dadapayu kembali menyegel Balai Desa.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Konflik kembali pecah di Desa Dadapayu, Semanu, Gunungkidul, Jumat (23/12/2016). Puluhan warga menyegel kantor desa dan menghentikan layanan ke masyarakat yang tengah berlangsung.

Advertisement

Baca Juga : KONFLIK DESA DADAPAYU : Balai Desa Tak Lagi Dihuni Pamong, Warga Dilayani di Rumah

Kaur Perencanaan Desa Dadapyu Rusdi menceritakan puluhan warga sekitar pukul 10.00 WIB, tiba-tiba menggeruduk Balai Desa meminta pelayanan dihentikan.

“Mereka bilang silakan berhenti layanannya, pakai layanan darurat saja di luar balai desa,” ungkap Rusdi yang kala itu tengah berada di kantor desa, Jumat.

Advertisement

Para perangkat desa yang saat itu tengah bekerja melayani masyarakat sontak menghentikan pekerjaannya. Para pamong kata dia membawa serta peralatan seperti stempel, kertas dan printer ke luar balai desa agar dapat digunakan untuk melayani masyarakat ke depannya.

Setelah menghentikan aktivitas di Balai Desa, puluhan warga tersebut kemudian menyegel seluruh ruangan dengan gembok. Ada belasan ruangan yang disegel. Mereka juga menyegel pintu gerbang masuk ke balai desa dan memasang spanduk di depannya. Spanduk itu masih berisi tuntutan lengsernya Kepala Desa Rukamto yang sudah lama dituntut mundur karena melakukan pungutan liar (pungli).

“Pak Rukamto sendiri sudah pergi enggak ada di balai desa,” tutur dia.

Advertisement

Konflik Dadapyu bermula pada Oktober lalu. Ratusan warga dari hampir seluruh pedusunan berkali-kali berunjuk rasa mendesak Kepala Desa Rukamto mundur. Pasalnya, Rukamto mengakui telah melakukan pungli kepada lima kepala dusun yang baru dilantik senilai masing-masing Rp5 juta. Warga pernah menyegel balai desa disertai aksi mogok kerja para perangkat. Sudah berkali-kali layanan desa lumpuh total akibat konflik berkepanjangan itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif