Penumpang hendak naik kereta api di Stasiun Solo Balapan, Kamis (22/11/2016) siang. Kepadatan penumpang di Stasiun Solo Balapan melonjak saat liburan. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos) Penumpang hendak naik kereta api di Stasiun Solo Balapan, Kamis (22/11/2016) siang. Kepadatan penumpang di Stasiun Solo Balapan melonjak saat liburan. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)
Jumat, 23 Desember 2016 08:00 WIB Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

LIBUR AKHIR TAHUN
Tiket Kereta Api Tambahan Solo-Jakarta Ludes

Libur akhir tahun bersamaan dengan liburan sekolah membuat tiket KA ludes terjual.

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api (KA) tambahan untuk libur tahun baru rute Solo-Jakarta ludes terjual. Tidak hanya kelas ekonomi, kelas eksekutif dan bisnis pun ludes diserbu penumpang.

Kepala Sub Urusan Komersial Stasiun Solo Balapan, Budi Arifin, mengatakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan empat KA tambahan selama Natal dan tahun baru. KA tambahan itu terdiri atas KA rute Solo-Jakarta; KA Argo Lawu pagi dan KA Argo Dwi pangga malam, dan dua KA rute Solo-Bandung; KA Lodaya pagi dan malam.

Empat KA tambahan tersebut beroperasi pada 18 Desember hingga 8 Januari 2017. Masing-masing kereta memiliki kapasitas hingga 400 tempat duduk. Tercatat, tiket KA rute Solo-Jakarta keberangkatan 1-3 Januari 2017 sudah ludes terjual.

“Untuk arus balik pada 1-3 Januari tiket KA rute Solo-Jakarta baik yang reguler maupun tambahan sudah habis semuanya. Ini mungkin karena liburan pergantian tahun sudah berakhir,” ujarnya saat ditemui wartawan di Stasiun Solo Balapan, Kamis (22/12/2016). Sementara, untuk tiket KA rute Solo-Bandung masih tersedia cukup banyak.

Menurutnya, antusiasme penumpang terhadap transportasi KA sangat tinggi karena harganya yang relatif terjangkau dan bebas dari macet. Pembelian tiket KA kini juga semakin mudah karena bisa dilakukan melalui gerai-gerai eksternal, seperti Alfamart dan Indomart.

Kendati demikian, masih cukup banyak calon penumpang yang membeli tiket di loket stasiun. Pantauan Espos, ratusan penumpang tampak menumpuk di ruang tunggu Stasiun Solo Balapan, Kamis (22/11). Kepadatan calon penumpang bahkan sempat membuat pengelola menutup sementara area parkir stasiun. Hal itu karena area parkir penuh karena tidak mampu menampung seluruh kendaraan.

Waka Stasiun Balapan, Emi Xinanti, menjelaskan jumlah penumpang per hari bisa mencapai 10.000 orang. Biasanya jumlah penumpang yang berada di Stasiun Solo Balapan sekitar 7.000 orang setiap hari.

Sementara untuk harga tiket, selama momen akhir tahun ini ia menjelaskan PT KAI menerapkan tarif batas atas pada KA komersial. Yaitu Rp380.000 ribu untuk KA kelas eksekutif dan Rp300.000 untuk kelas bisnis.

Selain KA jarak jauh, load factor KA lokal juga cukup tinggi saat musim liburan. Jika biasanya kepadatan KA Prameks terjadi saat pagi dan sore hari, pekan ini hampir setiap jadwal keberangkatan dipenuhi penumpang. 

lowongan kerja
lowongan kerja Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Banner Toko

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…