Lai Chi Wai saat memanjat tebing Lion Rock (Odditycentral.com) Lai Chi Wai saat memanjat tebing Lion Rock (Odditycentral.com)
Jumat, 23 Desember 2016 02:30 WIB Internasional Share :

KISAH INSPIRATIF
Pantang Menyerah, Pria Difabel Lakoni Panjat Tebing

Kisah isnpiratif kali ini tentang seorang pria lumpuh yang nekat melakoni olahraga panjat tebing.

Solopos.com, HONG KONG – Lai Chi Wai, seorang pria lumpuh asal Hong Kong sukses menaklukkan tebing setinggi 500 meter. Aksi tersebut dilakukannya dengan memakai kursi roda.

Dikutip Solopos.com dari laman Oddity Central, Kamis (22/12/2016), Lai Chi Wai adalah seorang atlet panjat tebing yang pernah memenangi kejuaraan Asian Rock Climbing Championship sebanyak empat kali.  Namun, pada 9 Desember 2011 silam, ia mengalami sebuah kecelakaan hebat yang membuat kedua kakinya lumpuh total.

Kelumpuhan itu membuat Lai merasa kariernya sebagai pemanjat tebing berakhir. “Saya tidak ingat persis bagaimana kejadiannya. Ketika bangun saya berada di kamar rumah sakit. Salah satu perawat memberitahu jika saya lumpuh dan harus berada di kursi roda seumur hidup,” kata Lai.

Ekspresi Lai Chi Wai saat tiba di puncak Lion Rock (Odditycentral.com)

Ekspresi Lai Chi Wai saat tiba di puncak Lion Rock (Odditycentral.com)

Kendati demikian, kejadian tragis itu tidak membuat Lai menyerah. Setelah keadaannya pulih, ia memilih menggeluti olahraga tinju. Menurutnya, olahraga dapat meningkatkan kebugaran fisik dan mengembalikan rasa percaya dirinya.

Pada 2014, bertepatan dengan kelahiran putranya, Lai terobsesi untuk melakukan olahraga panjat tebing lagi. Di hadapan teman-temannya, ia bertekad untuk menaklukkan Lion Rock, salah satu terbing terkenal di Hong Kong.

Rencana Lai itu membuat beberapa rekannya khawatir. Beberapa di antara mereka meragukan kemampuannya. Pasalnya, selama ini Lion Rock dikenal sebagai salah satu tebing berbahaya. Hanya pendaki handal yang mampu menaklukkan tebing tersebut. Kendati demikian, Lai tak patah semangat, ia merasa yakin dapat menaklukkan tebing tersebut.

Akhirnya, Lai melaksanakan rencananya pada, Jumat (9/12/2016). Dengan bantuan seutas tali, ia berusaha memanjat tebing vertikal yang curam itu. Usahanya pun membuahkan hasil. Ia menjadi penyandang paraplegia alias orang yang mengalami kelumpuhan pada kedua kaki pertama yang sukses mencapai puncak Lion Rock, Hongkong.

“Saya telah memenuhi janji untuk memanjat tebing Lion Rock. Saya telah membuktikan jika saya mampu melakukan olahraga ini,” kata Lai di laman Facebook.

Semua dokumentasi perjuangan Lai menaklukkan Lion Rock itu diunggah ke media sosial. Aksinya itu membuat para pengguna Internet (netizen) terharu. Berkat kegigihannya, netizen memberikan julukan King of Lion kepada Lai. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

lowongan kerja
lowongan kerja Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


3

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…