Jatim
Jumat, 23 Desember 2016 - 07:05 WIB

Jelang Natal, Gereja-Gereja Ponorogo Disterilkan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Satuan Sabhara Polres Ponorogo berjaga di luar GPDI Eben Haezer di Jl. Raden Saleh, Ponorogo, yang sedang disterilkan, Kamis (22/12/2016) sore. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Aparat Polres Ponorogo mensterilkan gereja sebelum perayaan Natal.

Madiunpos.com, PONOROGO — Menjelang perayaan Natal 2016, aparat Satuan Shabara mensterilkan seluruh gereja di Ponorogo. Sterilisasi bertujuan memastikan seluruh gereja aman saat digunakan untuk beribadah.

Advertisement

Pantauan Madiunpos.com di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Eben Haezer Ponorogo, Kamis (22/12/2016) sekitar pukul 15.30 WIB, sebanyak 25 anggota Polres Ponorogo mendatangi gereja di Jl. Raden Saleh dengan membawa sejumlah peralatan. Polisi juga membawa senapan dan berjaga di depan gereja.

Sejumlah polisi menyusuri deretan kursi di dalam gereja itu dengan metal detector. Kemudian alat tersebut diarahkan ke beberapa bagian seperti di pohon natal, panggung, tempat sampah, hingga di pot tanaman.

Kasatshabara Polres Ponorogo, AKP Hariyanto, mengatakan pada Kamis ini ada dua gereja yang akan disterilkan yaitu gereja di Jl. Raden Saleh dan gereja di Kecamatan Sooko. Sterilisasi ini dilakukan menggunakan beberapa alat seperti metal detector dan beberapa alat keamanan lainnya.

Advertisement

Setelah diperiksa sekitar 30 menit, polisi tidak menemukan apa pun yang mengandung bahan peledak dan benda berbahaya lainnya. “Kami menyusuri seluruh bagian di dalam gereja, tidak hanya di bagian dalam gereja. Tetapi, di bagian luar gereja juga kami sisir,” jelas dia kepada wartawan.

Hariyanto menuturkan polisi akan memastikan gereja tersebut aman dan bisa digunakan untuk beribadah hingga puncak perayaan Natal. Setelah sterilisasi di GPDI Eben Haezer rampung, polisi langsung mensterilkan gereja di Kecamatan Sooko.

Dia menuturkan setiap gereja yang melaksanakan ibadah akan dijaga ketat aparat kepolisian. Hal ini supaya umat Kristen bisa menjalankan ibadah dan merayakan hari raya Natal dengan tenang.

Advertisement

Pengurus GPDI Eben Haezer Ponorogo, Ellen Sumigar, berharap kegiatan ibadah selama perayaan Natal bisa berjalan dengan lancar dan aman. Perayaan Natal tahun ini dirayakan sederhana dan lebih banyak berdoa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif