Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat menjelaskan kemudahan e-Samsat yang baru saja diluncurkan di Bank BPD DIY Cabang Senopati, Jogja, Kamis (22/12/2016). (Foto istimewa/dokumen) Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat menjelaskan kemudahan e-Samsat yang baru saja diluncurkan di Bank BPD DIY Cabang Senopati, Jogja, Kamis (22/12/2016). (Foto istimewa/dokumen)
Jumat, 23 Desember 2016 19:55 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Bayar Pajak Kendaraan DIY Bisa Lewat ATM

Bayar pajak kendaraan di DIY kini bisa dilakukan lewat ATM

Solopos.com, JOGJA–Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BPD DIY tidak hanya berfungsi untuk mengambil uang saja, tetapi ATM Bank BPD DIY dilengkapi dengan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online atau e-Samsat.

Layanan ini merupakan kerja sama Bank BPD DIY bersama Tim Pembina Samsat DIY yakni Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset (DPPKA) DIY, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah DIY, serta Jasa Raharja. Peluncuran ini turut dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Layanan ini merupakan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi bermartabat dan terpercaya.

Direktur Utama Bank BPD DIY Bambang Setiawan menjelaskan, sebagai langkah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan bermotor. Hal ini untuk mempercepat layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Layanan proses perpanjangan STNK kendaraan bermotor secara elektronik dilaksanakan dengan langkah mudah. Yakni, pembayaran tagihan pajak yang dapat dilakukan pada 109 jaringan ATM Bank BPD DIY yang tersebar di wilayah DIY dengan masuk pada menu pembayaran,” kata Bambang dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (22/12/2016) malam.

Usai melakukan pembayaran, wajib pajak melakukan pencetakan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD), dan pengesahan STNK secara elektronik pada mesin KIOS Samsat dengan memasukkan nomor referensi yang tercatum pada struk pembayaran yang dikeluarkan mesin ATM dan proses perpanjangan STNK selesai.

“Dengan e-Samsat, wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor sangat mudah di ATM Bank BPD DIY, sekaligus memperoleh notice pajak (SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah) dan pengesahan atau validasi STNK secara elektronik tanpa perlu antre,” jelas Bambang.

Kapolda DIY Brigjen Pol Polisi Ahmad Dofiri mengatakan, layanan e-Samsat tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap program Nawa Cita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam hal reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi bermartabat dan terpercaya.

“Dengan berbagai kemudahan ini kami berharap agar masyarakat semakin patuh membayar pajak kendaraan mereka,” ujar dia.

Sementara, Kepala DPPKA DIY Bambang Wisnu Handoyo mengungkapkan, layanan e-Samsat merupakan jawaban atas tantangan Jokowi terkait pemberantasan pungli dalam layanan publik dengan membangun sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis teknologi informasi perbankan.

Lowongan Pekerjaan
PT. KARTINI TEH NASIONAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…