Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat menjelaskan kemudahan e-Samsat yang baru saja diluncurkan di Bank BPD DIY Cabang Senopati, Jogja, Kamis (22/12/2016). (Foto istimewa/dokumen) Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat menjelaskan kemudahan e-Samsat yang baru saja diluncurkan di Bank BPD DIY Cabang Senopati, Jogja, Kamis (22/12/2016). (Foto istimewa/dokumen)
Jumat, 23 Desember 2016 19:55 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Bayar Pajak Kendaraan DIY Bisa Lewat ATM

Bayar pajak kendaraan di DIY kini bisa dilakukan lewat ATM

Solopos.com, JOGJA–Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BPD DIY tidak hanya berfungsi untuk mengambil uang saja, tetapi ATM Bank BPD DIY dilengkapi dengan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online atau e-Samsat.

Layanan ini merupakan kerja sama Bank BPD DIY bersama Tim Pembina Samsat DIY yakni Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset (DPPKA) DIY, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah DIY, serta Jasa Raharja. Peluncuran ini turut dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Layanan ini merupakan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi bermartabat dan terpercaya.

Direktur Utama Bank BPD DIY Bambang Setiawan menjelaskan, sebagai langkah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan bermotor. Hal ini untuk mempercepat layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Layanan proses perpanjangan STNK kendaraan bermotor secara elektronik dilaksanakan dengan langkah mudah. Yakni, pembayaran tagihan pajak yang dapat dilakukan pada 109 jaringan ATM Bank BPD DIY yang tersebar di wilayah DIY dengan masuk pada menu pembayaran,” kata Bambang dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (22/12/2016) malam.

Usai melakukan pembayaran, wajib pajak melakukan pencetakan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD), dan pengesahan STNK secara elektronik pada mesin KIOS Samsat dengan memasukkan nomor referensi yang tercatum pada struk pembayaran yang dikeluarkan mesin ATM dan proses perpanjangan STNK selesai.

“Dengan e-Samsat, wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor sangat mudah di ATM Bank BPD DIY, sekaligus memperoleh notice pajak (SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah) dan pengesahan atau validasi STNK secara elektronik tanpa perlu antre,” jelas Bambang.

Kapolda DIY Brigjen Pol Polisi Ahmad Dofiri mengatakan, layanan e-Samsat tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap program Nawa Cita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam hal reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi bermartabat dan terpercaya.

“Dengan berbagai kemudahan ini kami berharap agar masyarakat semakin patuh membayar pajak kendaraan mereka,” ujar dia.

Sementara, Kepala DPPKA DIY Bambang Wisnu Handoyo mengungkapkan, layanan e-Samsat merupakan jawaban atas tantangan Jokowi terkait pemberantasan pungli dalam layanan publik dengan membangun sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis teknologi informasi perbankan.

Furniture Export Company Needs Urgently, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…