Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan Kampung Galau di kompleks OW WGM, Wonogiri, Rabu (21/12/2016). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos) Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan Kampung Galau di kompleks OW WGM, Wonogiri, Rabu (21/12/2016). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)
Kamis, 22 Desember 2016 00:10 WIB Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

WISATA WONOGIRI
Kampung Galau WGM Dibuka pada Tahun Baru

Wisata Wonogiri, Pemkab berencana membuka wahana Kampung Galau di objek wisata WGM.

Solopos.com, WONOGIRI — Pembangunan Kampung Galau di kompleks Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) direncanakan selesai pekan depan. Wahana yang memiliki menara pandang di tebing di tepi waduk itu diperkirakan sudah dapat dinikmati pengunjung pada musim libur Tahun Baru nanti.

Kepala UPT OW WGM, Pardiyanto, mengatakan sesuai kontrak kerja pelaksanaan proyek tersebut selesai pada 26 Desember 2016. “Saat ini sudah lebih dari 90 persen. Direncanakan pada liburan Tahun Baru sudah dapat dimanfaatkan”  kata dia, Rabu (21/12/2016).

Menurut Pardiyanto beberapa bangunan sudah berdiri, termasuk bangunan kios untuk penataan pedagang, musala, toilet, dan menara pandang. “Saat ini tinggal tahap finishing,”  kata dia.

Berdasarkan data di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Wonogiri, pagu anggaran untuk proyek tersebut senilai Rp1.976.429.000. Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Fredi Sasono, mengatakan tahun ini Wonogiri memperoleh kucuran dana alokasi khusus (DAK) untuk pariwisata yang akan digunakan untuk membangun Kampung Galau di kawasan OW WGM sekitar Rp1,9 miliar.

Kampung Galau dibangun di bukit di atas Taman Tombo Galau. Menurut rencana, di kompleks Kampung Galau akan dilengkapi air mancur, 13 kios cinderamata, toilet umum, musala, gazebo, menara pandang yang dapat digunakan untuk selfie, dan sebagainya.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan Solopos.com, sejumlah pekerja masih terlihat beraktivitas di lokasi pembangunan Kampung Galau. Wahana baru tersebut berada di sebelah timur taman satwa dan di sisi atas Taman Tombo Galau.

Beberapa bangunan warna-warni yang rencananya untuk kios pedagang sudah berdiri berjajar dengan bentuk bangunan yang sama. Namun, masih ada beberapa bangunan lain yang belum tuntas pembangunannya.

Di sisi lain, pelaksanaan pembangunan tidak memengaruhi aktivitas pengunjung OW WGM. Wahana taman satwa dan Taman Tombo Galau di sekitar lokasi pembangunan Kampung Galau tetap dikunjungi wisatawan.

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pasang Naik Pendidikan Islam

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/6/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo, dan pengajar di Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat email penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) SMP…