Ilustrasi perayaan malam tahun baru (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi perayaan malam tahun baru (JIBI/Solopos/Dok.)
Kamis, 22 Desember 2016 02:40 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

PERGANTIAN TAHUN DIY
Perayaan Tahun Baru Dipusatkan di Sermo

Lokasi dipilih sebagai bentuk dukungan program Bedah Menoreh dan pengembangan pariwisata kawasan utara.

Solopos.com, WATES-Perayaan tahun baru akan dipusatkan di objek wisata Waduk Sermo, Kokap. Lokasi dipilih sebagai bentuk dukungan program Bedah Menoreh dan pengembangan pariwisata kawasan utara.

Acara ini akan menjadi satu-satunya perayaan yang didanai oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kulonprogo. Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kulonprogo, Robert Goenoeng Poerwohandoko menjelaskan jika perayaan tahun baru ini sekaligus sebagai upaya mengangkat sejumlah potensi wisata di daerah tersebut “Apalagi ini waduk terbesar dan satu-satunya di Jogja kan,”ujarnya ketika dikonfirmasi pada Rabu(21/12/2016).

Acara tahun baru ini akan bertajuk Merinduk Kalibiru dan menghadirkan sejumlah hiburan baik tradisional maupun modern. Goenoeng menyebutkan akan ada pertunjukkan kembang api, permainan laser, fashion show batik Lendah, dan sendratari. Waduk Sermo dipilih sebagai pemecah keramaian masyarakat yang biasanya memadati Alun-Alun Wates dan Pantai Glagah.

Rencananya, acara ini akan dihadiri oleh penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono yang akan menghitung mundur pada malam pergantian tahun. Kepala Disparpora Kulonprogo, Krissutanto menegaskan jika acara tahun baru ini Waduk Sermo menjadi satu-satunya acara yang berada di bawah pendanaan kantornya.

Tahun sebelumnya, Disparpora mengadakan sejumlah acara di beberapa lokasi yang terpisah. Meski kemungkinan akan ada keramaian lain yang di Kulonprogo, ia menerangkan jika acara tersebut diadakan oleh SKPD ataupun pihak lain. Publikasi serta sosialisasi kepada masyarakat luas juga segera dilakukan untuk meramaikan acara ini. Hiburan tradisional yang ditampilkan juga akan berasal dari Kokap berupa krumpyung, angguk, dan jatilan.

Sementara itu, Yuli Nugroho, pengurus objek wisata Gumuk Sri Tilon di Waduk Sermo, Kokap menyatakan jika sudah ada 200 orang yang akan menikmati tahun baru di obwis yang dikelolanya. “Sudah ada yang booking untuk tahun baru,”ujarnya. Pengunjung tersebut merupakan mahasiswa dari DIY. Ia sendiri optimis akan lebih banyak pengunjung yang datang baik pada libur akhir tahun maupun malam tahun baru. Pasalnya, Waduk Sermo saat ini semakin ramai pengunjung dengan objek wisata yang juga bervariasi.

lowongan kerja
lowongan kerja SRIJAYA ALUMUNIUM, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…