Jogja
Kamis, 22 Desember 2016 - 08:40 WIB

LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU : Dinkes Sleman Siapkan Layanan Darurat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi meniup terompet menyambut tahun baru (JIBI/Solopos/Dok.)

Layanan darurat atau Sleman Emergency Services (SES) juga dilengkapi dengan call center yang beroperasi selama 24 jam.

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman akan menyiapkan layanan darurat menghadapi libur panjang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Layanan darurat atau yang disebut Sleman Emergency Services (SES) juga dilengkapi dengan call center yang beroperasi selama 24 jam.

Advertisement

Kepala Dinkes Kabupaten Sleman, Mafilindati Nurani mengatakan, guna memaksimalkan pelayanan maka Dinkes akan melakukan kerjasama dengan pihak terkait yakni dengan lima Rumah Sakit dan beberapa Puskesmas yang juga bisa melayani rawat inap. Linda menjelaskan masing-masing enam Rumah Sakit tersebut yakni RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RS PDHI Kalasan, RS Bhayangkara, dan RS Muhammadiyah Gamping.

“SES ini baru akan diuji coba, layanan akan aktif mulai tanggal 24 sampai 31 Desember. Sementara akan dilanjut tahun 2017 namun mengikuti penganggaran tahun tersebut,” katanya, Rabu.

Linda menerangkan, pada layanan SES ini masyarakat tdak akan dikenakan pungutan biaya saat penanganan pelayanan di tempat dan saat menggunakan transportasi ambulan untuk evakuasi. kata dia untuk pembiayaan pelayanan tersebut akan menggunakan anggaran dari APBD.

Advertisement

“Saat pasien harus dirujuk untuk rawat inap barulah perawatan tersebut dibayarkan sendiri oleh pasien atau ditanggung oleh asuransi yang sudah dimiliki oleh pasien,” katanya.

Selain itu, pada liburan Natal dan Tahun Baru Dinkes Sleman akan meningkatkan kesiapsiagaan pelayanan kesehatan dari 22 Desember 2016 sampai 4 Januari 2017. Direktur RSUD Sleman, Joko Hastaryo menambahkan, pada libur Natal dan Tahun Baru poliklinik akan tutup selama empat hari yakni pada tanggal 25 dan 26 Desember serta tanggal 1 dan 2 Januari. Sedangkan untuk pelayanan di IGD, ICU, rawat inap, dan ruang bersalin akan tetap beroperasi selama 24 jam seperti hari biasa.

“Meski poliklinik tutup pada tanggal tertentu, IGD tetap buka 24 jam dan siap dengan dokter jaga dan spesialis,” ujar dia.

Advertisement

Sama halnya dengan RSUD Sleman, RSUD Prambanan juga menyediakan layanan rumah sakit darurat selama menghadapi hari libur, rumah sakit yang terletak dekat dengan bandara Adisutjipto itu juga akan tetap beroperasi selama 24 jam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif