Denah rekayasa arus lalu lintas pada malam Tahun Baru 2017 di Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. (JIBI/Solopos/Istimewa) Denah rekayasa arus lalu lintas pada malam Tahun Baru 2017 di Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. (JIBI/Solopos/Istimewa)
Kamis, 22 Desember 2016 15:40 WIB Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

LALU LINTAS SUKOHARJO
Begini Rekayasa Lalu Lintas di Solo Baru pada Malam Tahun Baru

Lalu lintas Sukoharjo, arus lalu lintas di Jl. Ir. Soekarno Solo Baru akan dialihkan ke Langenharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO –– Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di Jl. Ir. Soekarno, Solo, Baru, Sukoharjo, pada malam Tahun Baru 2017, Sabtu (31/12/2016) mendatang. Lalu lintas di jalur tersebut akan dialihkan ke Langenharjo untuk menghindari penumpukan kendaraan di satu lokasi.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mengatakan rekayasa lalu lintas di Solo Baru dilakukan di simpang tiga Langenharjo. Kendaraan yang ingin merayakan pergantian tahun dari arah timur atau Sukoharjo dialihkan ke selatan. Sedangkan ruas Jl. Ir. Soekarno akan digunakan sebagai lokasi parkir sehingga tidak terjadi kemacetan.

“Pusat keramaian menyambut tahun baru di Sukoharjo terpusat di Alun-alun Sukoharjo dan Solo Baru, Grogol. Namun, hanya Jl. Ir. Soekarno yang dilakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas. Arus lalin akan dialihkan ke Langenharjo sesampai di simpang tiga Jl. Ir. Soekarno. Dari simpang tiga Langenharjo hingga bundaran Patung Pandawa dijadikan tempat parkir sehingga lalu lintas menuju Solo tetap lancar. Rekayasa akan dimulai pukul 20.00 WIB,” ungkap Kasatlantas, Kamis (22/12/2016).

Menurut Kasatlantas keramaian menyambut pergantian tahun dimulai pukul 21.00 WIB atau pukul 22.00 WIB. “Pengalaman tahun lalu dari Jembatan Bacem, Telukan, Grogol, kemacetan sudah mulai terjadi dan bertambah macet menjelang jam pergantian tahun. Penutupan ruas jalan akan dilakukan di simpang tiga Langenharjo, simpang tiga selatan Patung Kuda, dan simpang tiga ruas jalan dari barat Fave Hotel, Solo Baru, Grogol.”

Kasatlantas menyebut ada dua ruas jalan yang diprediksi rawan kecelakaan yaitu di ruas jalan Kartasura-Klaten tepatnya di Sanggung, Gatak, dan ruas jalan Sukoharjo-Nguter tepatnya di Km 16 dan 17. “Kemacetan diperkirakan terjadi di simpang tugu dan simpang empat Kartasura.”

Sementara itu, Operasi Lilin Candi 2016 mulai dilaksanakan 23 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017. Sekitar 350 personel kepolisian diterjunkan selama operasi 10 hari tersebut. Selain pengamanan Hari Natal personel kepolisian juga akan membantu rekayasa lalu lintas di Solo Baru.

Apel gelar pasukan pengamanan Operasi Lilin Candi 2016 dilaksanakan di halaman Polres Sukoharjo dengan inspektur upacara Wakapolres Sukoharjo, Kompol M. Ifan Hariyat, Kamis. Kapolri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakapolres meminta seluruh personel pengamanan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan selama menjalankan tugas.

“Jangan underestimate terhadap setiap potensi gangguan. Semua personel pengamanan harus mampu merespons secara cepat dan tepat setiap bentuk gangguan kamtibmas. Siapkan dan pelihara kondisi fisik dan mental agar senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” katanya.

Personel kepolisian juga diminta bertindak proaktif dan antisipatif dengan melibatkan semua fungsi kepolisian dan stakeholders terkait ancaman aksi teror, sabotase, dan kejahatan berkadar ancaman tinggi. “Cegah kegiatan sweeping yang dilakukan pihak tak berwenang. Perkuat kerja sama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi dan elemen masyarakat dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.”

Ada empat pospam selama Operasi Lilin Candi 2016 di Sukoharjo, yakni di halaman Gedung Promosi Potensi Daerah (GPPPD), Proliman Sukoharjo, Mojolaban, Solo Baru, Grogol dan Kartasura.

lowongan pekerjaan
EDITOR FISIKA (Fulltime), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…