Gambar ini diklaim diambil dari laman NASA. (Istimewa) Gambar ini diklaim diambil dari laman NASA. (Istimewa)
Kamis, 22 Desember 2016 13:30 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Sains Share :

Gambar Ini Perlihatkan Ada Awan di Planet Mars?

Seorang Youtuber mengunggah video ekspose anomali di Planet Mars.

Solopos.com, NEW YORK – Sebuah video yang dihasilkan oleh Alien Life dan diunggah ke saluran Youtube Martian Archaeology mengklaim bahwa ekspose anomali tak bisa dijelaskan di Planet Mars.

Sebagaimana dimuat Express, Kamis (21/12/2016), video itu dikatakan menggunakan rekaman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk mendukung klaim-klaim tentang awan dalam atmosfer dan air di permukaan Mars.

Dijelaskan, awan dan air yang mengalir di Mars merupakan satu dari 10 besar anomali tak dijelaskan Planet Merah itu.

Video menunjukkan gambar yang diambil dari luar angkasa di atas Mars dengan apa yang tampak sebagai bercak-bercak awan putih di atasnya. Selain itu, ada juga video dari permukaan tanah yang muncul menunjukkan angin dan awan berputar-putar di atas Mars.

Rekaman tersebut juga menunjukkan rekaman time-lapse dari apa yang diklaim air yang mengalir di permukaan Mars. Lalu, tetap ada gambar tak bergerak yang video memperlihatkan kolam air di Mars.

Sementara NASA pada 2015 mengumumkan atmosfer di Mars hampir tidak ada. NASA mengatakan, Mars dulu memiliki atmosfer yang memungkinkan menahan lautan yang bisa melihat kehidupan berevolusi, tapi atmosfer tersebut dilucuri dari situ oleh angin surya dari Matahari saat ini.

NASA menjelaskan, angin surya mengambil ion dari atmosfer Mars dan melucuti atmosfer pergi sedikit demi sedikit. Berdasarkan penjelasan para ilmuwan saat itu, atmosfer Mars sekarang persentase lebih sedikit dari yang dimiliki Bumi.

lowongan kerja
lowongan kerja guru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…