Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia, Sri Fitriani (kiri) bersama Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran Bank Indonesia Gradian Mediko Karina (kanan) menunjukkan uang kertas tahun emisi 2016 di kantor Bank Indonesia Jogja, Senin (19/12/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja) Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia, Sri Fitriani (kiri) bersama Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran Bank Indonesia Gradian Mediko Karina (kanan) menunjukkan uang kertas tahun emisi 2016 di kantor Bank Indonesia Jogja, Senin (19/12/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 21 Desember 2016 20:00 WIB Annisa Sulistyo Rini/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

Uang Rupiah Baru Dicetak Peruri, Bukan Perusahaan di Kudus

Perum Peruri membantah uang rupiah baru dicetak oleh perusahaan swasta di Kudus. Uang itu dicetak Peruri di Karawang.

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) membantah kabar yang beredar di masyarakat bahwa uang rupiah baru tahun emisi (TE) 2016 dicetak di Kudus oleh perusahaan swasta. Head of Corporate Peruri, Eddy Kurnia menegaskan uang NKRI tersebut dicetak di Peruri Karawang.

“Tidak benar cetak uang NKRI dicetak di Kudus. Uang NKRI dicetak di Peruri, Karawang,” ujar Eddy dalam keterangan resmi, Rabu (21/12/2016).

Eddy mengungkapkan sesuai dengan Undang-Undang (UU) No. 7/2011 tentang Mata Uang dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 32/2006, Bank Indonesia menugaskan Peruri untuk mencetak uang rupiah. “Bertahun-tahun hingga saat ini dan ke depan, Peruri selalu siap menjalankan tugas negara tersebut dengan tingkat pengamanan yang tinggi dan kualitas terbaik,” ujarnya.

Selain itu, Eddy menjelaskan bahwa pada uang rupiah baru telah tercetak nama Peruri disertai tahun cetaknya, yakni 2016. Sebagai contoh, pada uang rupiah nominal Rp1.000 sisi belakang (yang terdapat gambar penari) tercetak teks Peruri TC 2016 di bawah tulisan seribu rupiah. Demikian pula di pecahan lainnya, tulisan Peruri TC 2016 berada di posisi yang sama.

Pernyataan ini menanggapi beredarnya informasi melalui media sosial bahwa uang rupiah baru tidak dicetak oleh Peruri. Uang rupiah baru tahun emisi 2016 diluncurkan Bank Indonesia pada Senin (19/12/2016).

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…