Jogja
Rabu, 21 Desember 2016 - 19:20 WIB

PENCURIAN KULONPROGO : Dalam Sehari, 2 Kantor Notaris Kemalingan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas kepolisian dari Polres Kulonprogo melakukan olah TKP di salah satu lokasi pencurian di simpang tiga Toyan, Triharjo, Wates pada Rabu(21/12/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Pencurian Kulonprogo menimpa 2 kantor notaris

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pencuri menggasak dua kantor notaris yang berada di ruas jalan Jogja-Purworejo pada Rabu (21/12/2016). Selain itu, sebuah rumah kosong yang bersebelahan dengan salah satu kantor juga ikut dimaling.

Advertisement

Pelaku masuk dengan menjebol jendela dan pintu kantor sekitar tengah malam. Kedua lokasi pencurian tersebut yakni kantor notaris RA Chanda Dewi Kusumawati yang berada di simpang tiga Toyan, Triharjo, Wates dan kantor notaris Retnowati di Sukoreno, Sentolo.

Pencuri menggasak tiga unit monitor LCD, sebuah televisi, sebuah printer copy, handphone, dan sebuah tabung gas 3 kilogram. Sedangkan rumah di sebelahnya kehilangan sebuah televisi.

Pencuri juga mengambil  sebuah monitor LCD dan satu mesin ketik di lokasi kedua. Widodo Suwardi, orang tua dari notaris Chanda Dewi mengatakan kantor tersebut ditinggalkan sekitar pukul 11.00 pada malam sebelumnya.

Advertisement

“Memang kosong jika malam hari karena kami tinggal di Jogja,”ujarnya ditemui di lokasi kemarin.

Ia kemudian dihubungi salah satu karyawannya pada pagi hari yang memberitahu jika kantor yang baru dua bulan ditempati itu dijebol maling. Widodo mengatakan kerugian yang diderita atas pencurian ini mencapai puluhan juta rupiah.

Widarti, karyawan kantor notaris Chanda Dewi mengatakan datang ke lokasi sekitar pukul 09.00. Ia kemudian mendapati salah satu jendela dalam kondisi terbuka sehingga kemudian langsung menghubungi sang pemilik yang sedang berada di Kalibawang. Selain jendela depan, lemari di kamar belakang juga ikut dicongkel.

Advertisement

Berdasarkan CCTV milik penghuni di depan kantor tersebut, sebuah mobil berwarna putih datang dari arah barat menuju kantor tersebut. Mobil jenis MPV tersebut berjalan lambat mendekati kantor tersebut dan mobil langsung dimundurkan ke arah halaman kantor. Dari pantauan CCTV, mobil tersebut tiba pada pukul 00.21 WIB.

Sementara itu, Kanit III SPKT Polres Kulonprogo Ipda Aditya Dwi mengatakan telah dilakukan olah TKP di kedua bangunan yang bersisian di Kecamatan Wates itu. Sejumlah barang bukti berhasil diamankan berupa sidik jari dan rekaman CCTV. “Sudah diperiksa oleh Tim Inafis dan Satreskrim Polres Kulonprogo,”ujarnya usai olah TKP di Wates.

Pelaku diduga lebih dari 1 orang yang masuk dengan mencongkel jendela. Masih akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait rekaman CCTV, apalagi lokasi bangunan membuat siapa saja mungkin berhenti di depannya. Ia mengatakan lokasi banguan yang berada di sisi jalan provinsi dan kurangnya pengamanan membuat rawan terjadi pencurian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif