Jogja
Rabu, 21 Desember 2016 - 13:20 WIB

LIBUR AKHIR TAHUN : 10 CCTV Pantau Kemacetan di Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kemacetan sepanjang sekitar satu setengah kilometer di pintu masuk utama TPR Baron, Jumat (1/1) siang. Kemacetan berhasil diurai pada sore harinya. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Libur akhir tahun banyak dimanfaatkan warga untuk berwisata

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Polisi memasang 10 kamera pengintai closed circuit television camera (CCTV) di titik-titik kemacetan di Gunungkidul jelang libur Natal dan tahun baru. Jalur wisata dan kawasan gereja jadi fokus pengamanan pada libur panjang.

Advertisement

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nugrah Trihadi mengatakan, pemasangan sepuluh titik CCTV dipusatkan di Kota Wonosari yang menjadi salah satu area padat lalu lintas.

“Sementara sepuluh titik itu di Wonosari. Antara lain di depan Pasar Argosari,” terang Nugrah Trihadi dalam rapat koordinasi lintas sektor pemerintah jelang libur Natal dan tahun baru di Bangsal Sewokoprojo (BSP), Selasa (20/12/2016).

Pimpinan daerah seperti bupati, Kapolres dan Komandan Kodim dapat memonitor kemacetan melalui gadget. Sedangkan masyarakat umum kata dia, dapat memantau kondisi kemacetan saat liburan lewat kamera CCTV di posko-posko yang tersebar di sejumlah titik di Gunungkidul.

Advertisement

Pada libur Natal dan tahun baru diprediksi terjadi lonjakan pengunjung atau wisatawan. Polisi kata Nugrah Trihadi akan fokus memantau jalur-jalur wisata serta pengamanan di gereja yang merayakan Natal. Seluruh aparat keamanan akan dikerahkan. Polisi mencatat, sedikitnya lebih dari 600 personil akan dikerahkan mengamankan Natal dan tahun baru.

“Enam ratus lebih personil itu terdiri dari petugas kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja dan berbagai unsur lain,” jelas dia.

Menurut Nugrah ada penebalan atau penambahan jumlah anggota di jalur-jalur wisata. Baik dari petugas Polres maupun Polsek.

Advertisement

Sedangkan untuk pengamanan Natal, terdapat lima gereja besar yang akan menjadi fokus pengamanan. Antara lain Gereja Santo Petrus dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wonosari serta sejumlah gereja di Karangmojo dan Playen. “Tim gegana akan menyisir lima gereja itu pada 23 Desember,” jelas Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Gunungkidul Komisaris Polisi (Kompol) Alaal Prasetyo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif