Uang rupiah baru (Kiri) dibandingkan dengan Yuan Tiongkok (Kanan) [Facebook & Wsj] Uang rupiah baru (Kiri) dibandingkan dengan Yuan Tiongkok (Kanan) [Facebook & Wsj]
Selasa, 20 Desember 2016 12:10 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

Uang Baru Keluaran Bank Indonesia Mirip Yuan Tiongkok atau Euro?

Bank Indonesia merilis 11 pecahan uang rupiah baru

Solopos.com, SOLO – Media sosial diramaikan dengan pembicaraan tentang uang baru. Hal ini karena, Senin (19/12/2016), bertempat di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Presiden Joko Widodo meresmikan 11 pecahan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016. Resmi diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), publik Internet (netizen) memberi beragam respons tentang tampilan uang baru tersebut.

Uang Rupiah baru tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang loga. Uang Rupiah kertas terdiri dari Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Tampilan uang baru ini mengangkat sosok pahlawan di halaman depan, serta gambar tari nusantara dan pemandangan alam Indonesia di halaman belakang. Beberapa sosok pahlawan yang fotonya muncul di uang Rupiah baru antara lain, Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, G.S.S.J Ratulangi, Tjut Meutia, dan Djuanda Kartawidjaja.

Tampilan uang baru ini sudah menyebar di media sosial. Sebagian besar merupakan informasi pemberitahuan telah dirilis uang Rupiah baru. Unggahan tentang uang baru itu mendapat respons beragam dari netizen, salah satunya tentang tampilan uang baru tersebut.

Uang kertas Euro (123rf.com)

Uang kertas Euro (123rf.com)

Salah satu akun yang mengunggah informasi tentang uang Rupiah baru adalah fanpage Kita Muda. Akun tersebut menjelaskan secara umum informasi tentang uang Rupiah baru beserta foto tampilan uang tersebut.

Ada netizen yang menyebutnya mirip uang monopoli, mirip Yuan Tiongkok, hingga Euro. Ada pula yang mengutarakan harapan semoga bahan kertas untuk uang Rupiah baru ini dibuat dari kertas yang lebih baik dari sebelumnya. Hingga Senin sore, pukul 17.50 WIB, informasi tersebut sudah dibagikan oleh lebih dari 740 kali dan mendapat lebihd ari 100 komentar.

Kalau gitu jangan ada beredar uang jelek-jelek donk, sampai kucel, robek masih dipakai dan jadi kembalian kalau belanja. Tapi ini kayak uang monopoli aja,” tulis akun Lia Maniz.

Tak hanya sempat dianggap mirip uang monopoli, uang Rupiah baru ini juga diangga mirip tampilan uang Yuan Tiongkok. “Mirip uang Yuan, Cina,” tulis akun Abdul Hakim. Pernyataan itu didukung oleh akun Muhamad Nur Huda dan akun Muflih Achmad.

Mirip Yuan, beda jauh sama Euro, coba di googling,” tulis akun Muflih Achmad.

lowongan kerja
lowongan kerja klinik pratama White Rose, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…