Soloraya
Selasa, 20 Desember 2016 - 20:40 WIB

LALU LINTAS SOLO : 2 Pekan Uji Coba E-Tilang, Mayoritas Warga Belum Paham

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas saat menunjukan form pelanggaran dalam aplikasi e-tilang, Kamis (14/12/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Lalu lintas Solo, Satlantas Polresta Solo dua pekan ini menguji coba e-tilang.

Solopos.com, SOLO — Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Solo sudah dua pekan ini menguji coba pemberlakuan tilang secara elektronik (e-tilang). Dari uji coba diketahui banyak warga yang belum paham bagaimana cara kerja e-tilang.

Advertisement

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Safii, mengatakan pelaksanaan e-tilang sudah mulai dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia seperti Yogyakarta. Di Jateng juga sudah banyak yang menerapkan uji coba e-tilang termasuk Kota Solo.

“Kami sudah melakukan uji coba e-tilang selama dua pekan ini. Satlantas sebelumnya telah melatih belasan petugas dalam penggunaan aplikasi e-tilang,” ujar Imam saat ditemui wartawan di Kantor Satlantas, Selasa (20/12/2016).

Menurut Imam, Satlantas sudah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum seperti Pengadilan Negeri (PN) Solo dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo. Hasilnya, mereka mendukung penuh penerapan e-tilang.

Advertisement

“Kami nantinya mengajarkan bagaimana cara mengoperasikan aplikasi e-tilang kepada petugas di PN dan Kejari,” kata dia.

Ia menjelaskan perbedaan e-tilang dengan tilang manual terletak pada pembayarannya yakni secara e-banking atau langsung ke bank. Satlantas tetap akan menyita surat izin mengemudi (SIM) atau surat tanda nomor kendaraan (STNK) bagi pelanggar lalu lintas (lalin). SIM atau STNK akan dikembalikan kepada pemiliknya jika sudah menyerahkan bukti pembayaran e-tilang.

“Pengambilan SIM dan STNK nantinya tidak lagi ke Satlantas, tetapi ke PN atau Kejari. Kami menerapkan program e-tilang sebagai upaya mencegah terjadinya pungli di Satlantas,” kata dia.

Advertisement

Ia menambahkan selama pelaksanaan uji coba e-tilang masih banyak masyarakat yang tidak tahu. Satlantas akan terus menyosialisasikan kepada mayarakat sebelum program e-tilang di Solo mulai diberlakukan tahun depan.

Sementara itu, Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Made Ray Ardana, mengatakan ada puluhan anggota Satlantas saat ini sedang belajar mengoperasikan program aplikasi e-tilang. Selama uji coba dua pekan anggota Satlantas sudah banyak yang bisa mengoperasikan aplikasi itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif