Ilustrasi mengunyah es batu (Dentalplans.com) Ilustrasi mengunyah es batu (Dentalplans.com)
Selasa, 20 Desember 2016 14:10 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

Hal-Hal Sepele Termasuk Gosok Gigi yang Begini Bisa Bikin Gigi Rusak

Tips hidup sehat kali ini tentang lima kebiasaan pemicu kerusakan gigi.

Solopos.com, SOLO – Memiliki gigi putih, bersih, dan tersusun rapi tentu menjadi dambaan setiap orang. Sebab, gigi yang terawat akan membuat seeorang tampak memesona dan semakin percaya diri. Oleh sebab itu, merawat gigi merupakan hal penting yang wajib dilakukan.

Tak jarang, beberapa orang rela mengeluarkan biaya lebih demi membuat gigi mereka tampak putih dan bersih. Sayangnya, beberapa perawatan mahal yang telah dilakukan terkadang justru tidak berdampak apapun pada gigi. Mengapa demikian?

Bukan perawatannya yang salah, tapi kebiasaan tertentu yang dilakukan seseorang ternyata memengaruhi kondisi giginya. Pasalnya, ia tidak menyadari jika kebiasaan yang dilakukan justru membuat kerusakan parah pada gigi. Nah, kebiasaan apa sajakah yang memicu kerusakan gigi?

Dikutip Solopos.com dari laman Popsugar, Selasa (20/12/2016), berikut beberapa kebiasaan yang memicu kerusakan gigi:

Menggosok gigi terlalu kuat

Menggosok gigi memakai sikat berbulu keras dengan tekanan yang kuat bisa menghilangkan paisan email secara permanen. Jika dilakukan secara terus menerus, hal itu dapat membuat gigi berlubang dan gusi menipis. Agar hal tersebut tidak terjadi, pakailah sikat gigi berbulu halus dan gosoklah gigi secara perlahan dengan gerakan memutar selama dua menit. Untuk hasil maksimal, gosoklah gigi minimal dua kali sehari.

Mengunyah es batu

Apakah Anda sering mengunyah es batu? Jika iya, segera hentikan kebiasaan ini. Sebab, terlalu sering mengunyah es batu menyebabkan gigi menjadi retak. Selain itu, kebiasaan ini juga berisiko menyebabkan kerusakan pada lapisan di bawah gigi.

Membuka kemasan dengan gigi

Membuka bungkus makanan atau produk lain dengan gigi ternyata dapat menyebabkan gigi rusak. Kebiasaan tersebut juga menyebabkan berbagai bakteri masuk ke rongga mulut. Tak jarang, bakteri yang masuk ke rongga mulut itu akan menimbulkan berbagai penyakit.

Minum minuman bersoda

Terlalu sering minum minuman bersoda juga mampu merusak gigi. Pasalnya, kandungan asam dan gula yang tinggi pada soda menyebabkan terkikisnya lapisan email gigi. Oleh sebab itu, batasilah jumlah soda yang Anda konsumsi.

Terlalu sering mengemil

Kebiasaan mengemil makanan ringan ternyata dapat memicu kerusakan gigi. Sebab, makanan tersebut dapat meninggalkan plak pada gigi. selain itu, saat mengemil, produksi air liur dalam mulut akan berkurang. Padahal, air liur mengandung mineral dan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan gigi. Oleh sebab itu, jika ingin mengemil, sebaiknya pilihlah makanan yang sehat seperti buah-buahan, agar kesehatan gigi tetap terjaga.

lowongan kerja
lowongan kerja klinik pratama White Rose, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…