Ilustrasi Black Hole (Nasa) Ilustrasi Black Hole (Nasa)
Selasa, 20 Desember 2016 04:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Sains Share :

Alquran Jelaskan Proses Terbentuknya Black Hole

Alquran telah menjelaskan segala hal tentang ilmu pengetahuan, salah satunya black hole.

Solopos.com, JAKARTA — Black hole atau lubang hitam merupakan fenomena luar angkasa yang hingga kini masih misterius.

Beberapa ahli menyebut black hole merupakan “pintu masuk” ke dimensi lain. Lubang hitam juga diartikan sebagai fenomena ruang waktu yang ekstrem sehingga tidak ada yang bisa lolos dari interaksi gravitasi yang dihasilkan, bahkan kecepatan cahaya sekalipun.

Satu dari seribu bintang di galaksi berpotensi membuat lubang hitam. Galaksi Bima Sakti memiliki 100 miliar bintang yang berarti ada sekitar 100 juta lubang hitam yang tersembunyi.

Bintang atau matahari memiliki garis edarnya sendiri. Dalam sebuah galaksi, bintang bergerak mengelilingi pusat galaksi. Miliran bintang yang ada dalam sebuah galaksi terlihat seperti kabut putih di langit jika diamati pada malam hari yang cerah. Masing-masing galaksi juga bergerak saling menjauh sejak awal terbentuknya.

Sebagaimana dikutip Okezone, Senin (19/12/2016), kemisteriusan black hole sebenarnya telah dijelaskan dalam Alquran. Beredar serta terbenamnya bintang disebutkan dalam salah satu firman Allah. “Aku bersumpah demi bintang-bintang, yang beredar dan terbenam,” bunyi Surah At-Takwir Ayat 15-16.

Dalam buku Sains berbasis Alquran karangan Ridwan Abdullah Sani dijelaskan, terbenam pada ayat tersebut diartikan tidak terlihat lagi pada suatu waktu. Kondisi ini terjadi karena posisi pengamat di Bumi relatif selalu berubah atau akibat bintang tersebut musnah.

Bintang yang tersembunyi dan menyerap massa benda angkasa di sekitarnya adalah black hole yang tidak dapat dilihat dengan mudah memakai teleskop. Black hole merupakan bintang yang memiliki massa yang sangat besar, sehingga semua benda di sekitarnya akan ditarik untuk bergabung kepadanya. Bahkan, cahaya pun ditarik oleh black hole atau lubang hitam.

Disebutkan pula bahwa black hole diperkirakan memiliki ukuran 4 juta kali lebih besar dari matahari. Saking kuatnya massa black hole, tidak ada satu bintang pun yang dapat lari darinya.

Hal tersebut dijelaskan dalam Surah Al-Mursalat Ayat 8. “Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan,” bunyi ayat tersebut. Black hole sendiri tidak dapat dilihat secara langsung karena terbentuk dari gas dan debu. Namun, gravitasi black hole yang melengkungkan sinar cahaya di sekitarnya menciptakan jejak visual dalam materi sekitarnya yang disebut sebagai bayangan lubang hitam.

lowongan kerja
lowongan kerja untuk posisi kepala produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…