Soloraya
Senin, 19 Desember 2016 - 08:00 WIB

WGM Wonogiri Siap Pasok Air Baku ke 5 Daerah Soloraya pada 2018

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Waduk Gajah Mungkur (Burhan Aris Nugraha/Espos/dok)

Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri sedang mempersiapkan prasarana untuk pemasokan air baku.

Solopos.com, WONOGIRI — Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri akan menyuplai air baku ke beberapa wilayah di Soloraya. Saat ini, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) tengah menyiapkan prasarana untuk program penyediaan air baku tersebut.

Advertisement

Menurut Kabid Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) BBWSBS, Sigit Santoso, persiapan fasilitas dan prasarana penyediaan air baku dilakukan selama tiga tahun. “Saat ini sudah berjalan untuk pembangunan intake, pompa, dan penampungan. Direncanakan 2018 nanti persiapan selesai,”  kata dia kepada wartawan di WGM, belum lama ini.

Dia mengatakan air baku tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih wilayah Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Karanganyar, dan Sragen. Meski telah terjadi sedimentasi, menurut Sigit, WGM masih cukup untuk melayani pemenuhan air baku tersebut.

Rencananya sekitar 1.450 liter per detik air dari WGM akan didistribusikan ke lima wilayah di Soloraya. Sementara untuk pengelolaan air dan jaringannya, BBWSBS akan bekerja sama dengan Cipta Karya, Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Provinsi Jawa Tengah, dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di daerah masing-masing.

Advertisement

Sebelumnya Pelaksana Teknik Danau Situ Embung (DSE) BBWSBS, Yoga Darmawan, mengatakan pengerukan sedimen di WGM terus dilakukan. Tahun ini pengerukan yang telah dilakukan di waduk tersebut sudah mengurangi sekitar 1,5 juta meter kubik sedimen.

“Target, tahun depan sudah mengeruk sekitar 2,2 juta meter kubik sedimen. Untuk total sedimen di WGM sebanyak 6 juta meter kubik,” kata dia belum lama ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif