News
Senin, 19 Desember 2016 - 10:00 WIB

SOLOPOS HARI INI : Latihan Terbang Berakhir Petaka

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Solopos Hari Ini Senin (19/12/2016)

Solopos hari ini mengabarkan kecelakaan pesawat Hercules di Wamena, Papua.

Solopos.com, SOLO — Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang mengangkut 13 orang jatuh di dekat Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Minggu (18/12/2016) pagi.

Advertisement

Dua belas kru dan satu penumpang meninggal dalam kecelakaan itu. Pesawat dengan nomor registrasi A-1334 itu tengah menjalankan misi pelatihan penerbang.

”Jadi pesawat ini dalam misi latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan penerbang. Misi di Papua ini adalah tes,” ujar Wakil KSAU Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam konferensi pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Advertisement

”Jadi pesawat ini dalam misi latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan penerbang. Misi di Papua ini adalah tes,” ujar Wakil KSAU Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam konferensi pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dalam latihan terbang ini, penerbang yang saat ini berstatus kopilot diuji untuk dapat menjadi Kapten Pilot. Hadiyan mengatakan dengan uji terbang ini, penerbang akan dites untuk menghadapi ujian di alam Papua.

Latihan terbang pesawat Herculus yang berakhir petaka di Wamena, Papua, menjadi headline Harian Umum Solopos hari ini, Senin (19/12/2016). Harian Umum Solopos hari ini juga mengabarkan sastra bisa mengubah generasi muda, bus masuk sawah, delapan orang meninggal, dan telegram Polri.

Advertisement

DINAMIKA PENDIDIKAN : Karena Sastra Bisa Mengubah Generasi Muda

Tidak sedikit generasi muda yang gandrung dengan sastra. Bagaimana potret sastra di mata anak muda? Awalnya bagi siswa Kelas XII Jurusan Bahasa SMAN 6 Solo, Adriana Justica, ayah adalah sosok yang kurang begitu memerhatikan anak-anaknya.

Tumpukan pekerjaan membuat sosok ayah selalu tenggelam dalam kesibukan. Sebaliknya, ibu selalu ada bagi mereka untuk memastikan semua baik-baik saja. Ayah sosok cuek sementara ibu adalah sosok yang pencemas.

Advertisement

Pandangan remaja putri itu kini mulai berubah. Novel Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya membuatnya berpikir ulang tentang sosok ayah. Novel setebal 278 halaman terbitan Gagas Media itu menceritakan pengorbanan Pak Gunardi, sosok ayah, yang hidupnya divonis tinggal setahun akibat kanker. Buku itu juga menceritakan perjuangan hidup sang istri, Bu Itje, serta dua anaknya, Satya dan Cakra, selepas bapak mereka meninggal.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

KECELAKAAN LALU LINTAS : Bus Masuk Sawah, 8 Orang Meninggal

Advertisement

Bus Handoyo jurusan Jogja-Jakarta berpenumpang puluhan orang mengalami kecelakaan di ruas jalan alternatif penghubung Pemalang-Purbalingga di Desa Buluk, Belik, Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (17/12/2016) pukul 23.30 WIB.

Delapan orang meninggal dalam kecelakaan itu. Diduga penyebab kecelakaan tunggal itu lantaran bus berpelat nomor AA 1409 EA mengalami rem blong saat melintas di jalur perbukitan. Bus yang dikemudikan Agus Suyanto, warga Magelang, Jawa Tengah ini hilang kendali kemudian terguling ke sawah.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

TELEGRAM POLRI : Penggeledahan Harus Izin Kapolri

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian meminta apabila ada penggeledahan atau penyitaan yang dilakukan aparat penegak hukum di lingkungan kepolisian harus seizinnya.

Hal itu termuat dalam telegram dengan nomor KS/BP-211/XII/2016/Divpropam tertanggal 14 Desember yang ditandatangani Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Irjen Pol. Idham Azis yang ditujukan kepada para kapolda.

Isi telegram berisi dua hal yaitu terkait pemanggilan anggota Polri oleh penegak hukum seperti KPK, kejaksaan, dan pengadilan harus dimintakan izin ke pimpinan Polri terlebih dahulu. Dalam surat itu disebutkan panggilan-panggilan kepada anggota atau perwira Polri oleh penegak hukum lain selama ini tak pernah diketahui oleh pimpinan Polri

”Apabila ada tindakan hukum geledah, sita, dan masuk ruangan di dalam mako Polri oleh penegak hukum, KPK, kejaksaan, pengadilan agar melalui izin Kapolri up Kadivpropam Polri di tingkat Mabes Polri dan Kapolda up Kabidpropam tingkat polda,” demikian tertulis dalam telegram tersebut.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif