Jogja
Senin, 19 Desember 2016 - 07:20 WIB

INFO BELANJA : Kenalkan Jamur Hokto kepada Pecinta Hidup Sehat

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Chef Tabrani menyampaikan penjelasaan sebelum melakukan demo masak Masak Sehat Bersama Hokto di Carrefour Ambarrukmo Plaza, Minggu (18/12/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Info belanja berikut untuk penyuka makanan sehat

Harianjogja.com, SLEMAN — Carrefour menggelar demo masak bertajuk Masak Sehat Bersama Hokto di Carrefour Plaza Ambarrukmo, Minggu (18/12/2016). Kegiatan ini bertujuan mengenalkan cara hidup sehat kepada para perempuan dan pelanggan Carrefour.

Advertisement

Store General Manager Carrefour Ambarrukmo Plaza Zamzam Nurjaman mengatakan, Carrefour sudah kerap mempromosikan hidup sehat dalam kegiatan demo masak, tetapi baru pertama kali ini Carrefour menggandeng Hokto sebagai sebuah produk jamur khas Jepang.

“Hokto berasal dari Jepang yang dibudidayakan dengan teknologi yang sudah bagus. Mudah diolah juga dan bisa untuk masakan Jawa,” kata Zamzam pada Harian Jogja di lokasi acara, Minggu.

Salah satu perwakilan dari Hokto, Atsushi Harada mengatakan, jamur Hokto memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jamur lokal pada umumnya, seperti bebas kolesterol, bebas bahan kimia, dan mengandung beberapa vitamin. Selain di Jepang, budidaya jamur Hokto juga dilakukan di Malaysia, Taiwan, dan Amerika Serikat.

Advertisement

“Yang ada di Indonesia ada tiga jenis yaitu maitake, bunasimeji, dan bunapi, kalau di Jepang ada lima yaitu maitake, bunasimeji, bunapi, eringi, dan hiratake,” terangnya.

Sementara itu Vize President Bisnis Development Adibfood selaku distributor Hokto Indonesia, Ardi Wijaya mengatakan minat masyarakat Indonesia terhadap Hokto selalu meningkat. Sejak dipasarkan di Indonesia lebih dari 10 tahun, permintaan pasar selalu naik sampai 15% persen per tahunnya. Permintaan terbesar terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

“Sekarang masyarakat kita mulai ada perubahan. Dari yang dulu hanya yang penting murah, sekarang perlu tahu cara pembudidayaannya, manfaatnya, dan mengolahnya,” katanya. Jamur Hokto dibudidayakan tanpa tersentuh tangan sehingga kadar kebersihannya terjaga.

Advertisement

Adanya demo masak yang diselenggarakan  Carrefour tersebut menurutnya menjadi salah satu ajang mempromosikan Hokto pada kalangan perempuan. Peserta demo masak sendiri berjumlah 30 orang yang berasal dari warga sekitar. Dalam demo masak tersebut, salah satu chef Jogja, Chef Tabrani memberikan demo masak berbahan jamur Hokto yaitu menu lumpia jamur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif