Buncis (Gosocio.co.id) Buncis (Gosocio.co.id)
Minggu, 18 Desember 2016 18:45 WIB Kesehatan Share :

TIPS HIDUP SEHAT
Segudang Manfaat Mengonsumsi Buncis

Tips hidup sehat kali ini tentang manfaat mengonsumsi buncis.

Solopos.com, SOLO Buncis merupakan sayuran hijau berbentuk panjang bergizi tinggi. Sayuran jenis polong-polongan ini biasanya dimasak dengan cara dikukus, ditumis, dicampur dalam sup, atau diolah dengan berbagai bahan makanan lain.

Sayuran dengan nama ilmiah Phaseolus Vulgaris ini banyak digemari orang karena harganya yang murah. Sayuran ini juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Mau tahu apa saja manfaat buncis bagi kesehatan? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari laman Helath.com, Jumat (16/12/2016), berikut ini:

Melancarkan pencernaan
Buncis kaya akan serat yang bermanfaat memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, serat sangat diperlukan untuk menurunkan risiko sembelit, wasir, dan kanker usus.

Mengontrol kadar gula darah
Para penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi buncis. Pasalnya, buncis mengandung zat b-sitoserol dan stigmasterol yang berfungsi menstabilkan kadar gula darah.

Menjaga tekanan darah
Mengonsumsi buncis secara rutin dapat menstabikan tekanan darah. Buncis kaya akan mangan dan kalsium, mineral yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, buncis juga mengandung magnesium dan zinc yang berfungsi merangsang produksi sel darah merah, serta memperlancar sistem peredaran darah.

Mencegah penyakit jantung
Buncis mengandung flavonoid, serat, dan kalium yang membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Kandungan flavonoid pada buncis berfungsi memperlancar aliran darah dan menjaga kesehatan otot jantung. Selain itu, buncis juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal racun pemicu berkembangnya sel kanker.

Menjaga kelembapan kulit
Seseorang yang rutin mengonsumsi buncis akan terlihat lebih awet muda karena kandungan flavonoid, lutein, beta karoten, vitamin A, dan zea xanthin pada buncis mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Tak hanya itu, kandungan vitamin E yang ada pada buncis juga mampu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit yang membuat seseorang tampak awet muda.

Mmeningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan pada buncis mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B1, B6, dan C pada buncis berfungsi membantu proses pemulihan tubuh setelah sakit. Buncis juga mengandung asam folat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Mengonsumsi buncis yang kaya asam folat dapat mencegah bayi lahir cacat dan melancarkan produksi ASI. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

lowongan kerja
lowongan kerja COSTUMER SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…