hotel KAMAR ilustrasi (BISNIS iNDONESIA Paulus Tandi Bone)
Minggu, 18 Desember 2016 10:40 WIB Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

PERHOTELAN SOLO
Permintaan Tinggi Jelang Akhir Tahun, Tarif Hotel Naik

Perhotelan Solo, tarif hotel di Solo naik karena tingginya permintaan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Solopos.com, SOLO — Libur panjang Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengan libur sekolah membuat permintaan kamar hotel di Solo meningkat. Hal ini berdampak pada kenaikan tarif hotel.

Marketing Communications Manager Best Western Premier Hotel Solo Baru, Denish Ardhaneswara, mengatakan hingga Sabtu (17/12/2016) pemesanan kamar belum naik signifikan karena libur sekolah baru mulai pada Senin (19/12/2016). Reservasi pada Sabtu-Minggu (24-25/12/2016) sudah mulai ada tapi belum banyak.

“Pemesanan kamar memang belum banyak tapi ada kenaikan harga sekitar Rp20.000 dari harga normal yang mulai dari Rp680.000 untuk tipe standar. Hal ini karena Natal biasanya permintaan meningkat dan merupakan salah satu peak season. Penambahan tidak terlalu banyak karena ada 348 kamar,” ungkap Denish kepada Solopos.com, Sabtu.

Dia menyampaikan tidak ada bundling antara kamar dengan gala dinner di Blue Garnet Poll. Meski begitu, bagi tamu yang menghendaki Christmas Eve Dinner akan ada potongan harga 10% untuk minimal pemesanan tiga pax dari harga Rp150.000 net/pax. Namun, apabila pemesanan dilakukan untuk minimal lima orang akan mendapat diskon hingga 20%. Sejauh ini, untuk gala dinner sudah ada pemesanan sekitar 50% dari kuota yang disediakan.

General Manager (GM) Swiss Belinn Saripetojo, Faisal Tranggono, mengatakan permintaan saat Natal cukup banyak dan sudah mulai ada reservasi karena libur sekolah telah dimulai. Dia mengakui selama Natal dan Tahun Baru akan ada kenaikan harga yang menyesuaikan tingginya permintaan.

Hal ini mengingat tarif hotel tergantung dengan demand, seperti halnya maskapai penerbangan. Menurut dia, apabila Jogja sudah mulai penuh, biasanya tamu akan mulai menyasar Solo karena jarak dua kota ini tidak terlalu jauh.

Dia mengatakan selama Natal ini ada kenaikan harga sekitar 30% menjadi Rp830.000 untuk publish rate. Namun, saat Tahun Baru harga mencapai Rp1,13 juta karena bundling dengan gala dinner dan hiburan khas Tahun Baru.

Public Relation Executive Novotel and Ibis Styles Solo, Tiwik Widowati, mengatakan hotel combo ini menawarkan harga Rp850.000 di Ibis Styles Solo dan Rp1,399 juta di Novotel. Harga ini lebih tinggi jika dibandingkan normal rate. Hal ini karena jaringan Accor Hotel ini menyediakan paket bundling menginap dan gala dinner selama Natal.

“Permintaan saat ini belum terlalu tinggi, kemungkinan akan mulai banyak Senin. Karakteristik tamu di Solo biasanya akan banyak di last minute. Seperti saat long weekend lalu, awalnya hanya sekitar 20% tapi Sabtu-Senin [10-12/12] okupansi mencapai 98%,” ujarnya.

LOWONGAN KERJA
DR. NORMA AESTHETIC CLINIC, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Nasib Pengarang pada Hari Lebaran

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Rabu (21/6/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang penulis novel dan cerita pendek yang tinggal di Sleman, DIY. Alamat email penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Ada sajak pendek Sitor Situmorang berbunyi: Malam Lebaran / bulan…