Sport
Minggu, 18 Desember 2016 - 23:30 WIB

Lupakan Piala AFF, Fokus SEA Games 2017 & Tunggu Kejelasan Riedl

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Indonesia vs Thailand (PSSI.org)

Timnas Indonesia segera fokus ke SEA Games 2017 dan menunggu kejelasan pelatih Alfred Riedl.

Solopos.com, SEMARANG — Tak ada waktu untuk meratapi kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Skuat Garuda sudah ditunggu ajang yang tak kalah prestisius, yakni SEA Games di Malaysia tahun depan. Dengan modal pemain muda yang telah mendapatkan pengalaman di Piala AFF 2016, Timnas digadang-gadang meraih hasil positif di SEA Games.

Advertisement

Setidaknya ada empat pemain Timnas di Piala AFF yang dapat dimainkan di SEA Games karena masih berusia di bawah 23 tahun pada tahun depan. Nama tersebut yakni Evan Dimas Darmono, Rudolof Yanto Basna, Mukhlis Hadi Ning Syaifulloh, dan Hansamu Yama Pranata. Pemain yang disebut terakhir bahkan menjadi pilar sukses Timnas menembus babak final Piala AFF.

Timnas didorong belajar dari pengalaman di Piala AFF 2016 untuk ajang SEA Games nanti. Di Piala AFF, anak asuh Alfred Riedl hanya memiliki waktu persiapan yang amat terbatas, yakni lima bulan. Salah satu hal yang perlu segera dipastikan yakni masa depan pelatih Alfred Riedl karena kejelasan pelatih dibutuhkan untuk menyusun kerangka tim jelang SEA Games.

Anggota Komisi Eksekutif (Komeks) PSSI, Yoyok Sukawi, mengapresiasi capaian Timnas di tengah gejolak persepakbolaan nasional. Dia mendorong Timnas tak terlena dan segera mempersiapkan diri di SEA Games yang dihelat Agustus 2017.

Advertisement

“Sekarang saatnya fokus ke SEA Games dengan persiapan lebih baik. Bukan tak mungkin di ajang itu Timnas bisa meraih medali emas,” ujarnya seperti dilansir bola.com, Minggu (18/12/2016).

Anggota Komeks, Johar Lin Eng, mengambil sisi positif kekalahan Timnas dengan melihat banyaknya potensi muda di skuat Garuda. Dia mengatakan talenta muda yang bermain di Piala AFF harus kembali diberi kesempatan menunjukkan diri di SEA Games. “Talenta muda harus dikembangkan lagi. Ke depan sudah selayaknya mengandalkan amunisi muda.”

Sementara itu, Riedl mengaku belum dapat memutuskan masa depannya di Indonesia. Sebelumnya pelatih asal Austria ini sempat mengutarakan keinginan pensiun selepas Piala AFF. “Saya tak tahu. Saya belum bisa bilang apa yang menjadi rencana federasi,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Detik.

Advertisement

Meski demikian Riedl tampak membuka peluang untuk kembali melatih Evan Dimas dkk. Dia menyebut akan sangat menarik untuk menciptakan tim yang kuat, terlepas dari problem selama dia menyiapkan tim di Piala AFF. “Lalu mungkin kita bisa menantang Thailand di kesempatan yang lain,” lanjutnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif