Para pemain Barcelona merayakan gol. (Reuters / Russell Cheyne)
Minggu, 18 Desember 2016 09:30 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Spanyol Share :

BARCELONA VS ESPANYOL
Modal Tekan Real Madrid

Barcelona vs Espanyol tersaji di Liga Spanyol.

Solopos.com, BARCELONA — Espanyol selalu menjadi bayang-bayang tim sekotanya, Barcelona, dalam Derbi Catalan. Hampir tak ada yang mengunggulkan Los Periquites, julukan Espanyol, bakal memenangi laga melawan Barca, terlebih jika pertandingan itu digelar di Camp Nou. Namun nuansa El Derbi Barceloni kali ini sedikit berbeda.

Performa Espanyol musim ini mulai membaik setelah ditangani pelatih Quique Sanchez Flores. Leo Baptistao dkk berubah menjadi tim yang garang di kandang lawan. Espanyol tak terkalahkan dalam enam pertandingan tandang terakhir di liga, tiga di antaranya berbuah kemenangan. Empat laga tandang terakhir mereka juga berbuah clean sheet. Ini menjadi torehan terbaik mereka sejak Desember 2007.

Sebaliknya, Lionel Messi dkk. gagal memenangi dua laga terakhir saat bermain di kandang. Derbi sengit diprediksi terjadi di Camp Nou mengingat Barca juga butuh poin penuh untuk menempel sang pemuncak klasemen Real Madrid.

Kemenangan atas musuh bebuyutannya itu akan membuat Barca tinggal berjarak tiga poin dari Madrid. Los Blancos, julukan Madrid, tak bermain di Liga Primera pekan ini karena harus bertanding di Final Piala Dunia Klub melawan Yokohama Marinos. “Kami harus berjuang hingga akhir musim, tidak boleh kehilangan poin lagi. Kami bisa melewati ini,” ujar penggawa Barca, Rafinha, seperti dilansir Marca, Jumat (16/12/2016).

Pada pertemuan terakhir, Espanyol secara mengejutkan mampu menang atas Barca dalam ajang Piala Super Catalunya. Kala itu Los Periquitos menang tipis 1-0 leway gol Felipe Caicedo. Kejutan seperti ini tentu diharapkan tidak terulang kembali. Pelatih Barca, Luis Enrique, siap menurunkan tim utama termasuk trio penyerang MSN (Messi, Suarez, Neymar).

Suarez yang baru saja memperpanjang kontrak dengan tim hingga 2021 digadang-gadang tampil on fire untuk Blaugrana. “Kontrak baru berarti manajemen menilai saya layak berada di tim. Saya akan memberi segalanya untuk Barca,” ujar Suarez.

Blaugrana dalam moral yang bagus seusai membantai Borussia Monchengladbach 4-0 di Liga Champions dan Al Ahly 5-3 di laga persahabatan. Dalam pertandingan melawan Al Ahly, Paco Alcacer akhirnya mampu mempersembahkan gol dari Barca setelah pindah dari Valencia awal musim. Kehadiran Alcacer bisa menjadi supersub jika trio MSN ngadat menembus pertahanan lawan. Rafinha yang mencetak satu gol dan dua assist saat melawan Al Ahly juga bisa menjadi senjata rahasia Blaugrana.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…