Tunik Shibori (tokosolopos.com) Tunik Shibori (tokosolopos.com)
Sabtu, 17 Desember 2016 22:00 WIB Fokus Share :

Yuk Intip Model Terbaru Blus dan Kemeja Jumputan

Info belanja kali ini tentang koleksi blus dan kemeja jumputan koleksi terbaru di Toko Solopos.

Solopos.com, SOLO – Toko Solopos menyajikan koleksi kemeja dan blus terbaru dengan tampilan elegan, yakni jumputan shibori. Busana ini sangat nyaman dipakai, karena dibuat dari kain katun kualitas terbaik.

Kemeja Shibori (tokosolopos.com)

Kemeja Shibori (tokosolopos.com)

Berbeda dengan kain jumputan pada umumnya, motif jumputan shibori terbilang unik. Biasanya, kain jumputan shibori bermotif kotak-kotak, garis-garis, atau bunga yang berukuran lebih besar dari kain jumputan lainnya.

Shibori sebenarnya merupakan teknik mengikat, mencelup, dan mewarnai kain yang berasal dari jepang. Motif yang dihasilkan dengan teknik ini sangat beragam, karena proses pengerjaannya yang lain dari biasanya.

Motif kain ini biasanya dibuat dengan cara mengikat kain, melilitkan kain pada tongkat, manjahit kain, atau melipat kain sebelum dicelup dalam cairan pewarna. Lekukan, lipatan, dan jahitan kain yang tidak terkena warna saat proses pencelupan itu akan menghasilkan motif yang unik,” tutur Nina Andriyani, anggota staf Toko Solopos kepada Solopos.com, Jumat (16/12/2016).

Teknik shibori diperkirakan telah ada di Jepang sejak abad kedelapan. Shibori berasal dari kata shiborru yang berarti memeras, meremas, atau menekan. Pada awalnya, kain ini dibuat oleh masyarakat miskin di Jepang yang tidak mampu membeli pakaian dari kain katun dan sutra. Oleh sebab itu, mereka mencelup baju lama mereka dengan warna gelap agar terlihat seperti baru. Lama kelamaan kain ini mulai berkembang dan digemari masyarakat.

Menurut Nina, proses membuat kain jumputan dengan teknik shibori mirip dengan proses pewarnaan batik. Titik perbedaannya terletak pada penggunaan cairan malam atau lilin. Sebab, kain shibori tidak memakai malam. Selain itu, pembuatan kain dengan teknik shibori tidak akan menghasilkan motif yang sama setiap kalinya. Setelah selesai, kain tersebut akan dijahit sesuai dengan model yang diinginkan.

Kemeja dan blus jumputan shibori sangat cocok dipakai dalam berbagai acara. Satu potong kemeja jumputan shibori yang tersedia di Toko Solopos dibanderol seharga Rp145.000. Sementara blus jumputan shibori dihargai Rp170.000, harga yang cukup terjangkau untuk busana eksklusif bukan? (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

lowongan kerja
lowongan kerja Guru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…