Warga Aleppo hendak mengungsi (Buzzfeed.com) Warga Aleppo hendak mengungsi (Buzzfeed.com)
Sabtu, 17 Desember 2016 23:30 WIB Internasional Share :

KRISIS SURIAH
Begini Kondisi Aleppo Saat Ini

Situasi di Kota Aleppo kian mencekam akibat serangan yang dilakukan tentara Suriah.

Solopos.com, ALEPPO – Situasi di Kota Aleppo, Suriah kian mencekam akibat serangan yang terus dilakukan oleh tentara Rusia dan rezim Bashar Al-Assad. Perang yang berkepanjangan ini membuat warga sipil Aleppo menjadi korban. Setidaknya, ribuan nyawa melayang setiap hari akibat krisis Suriah.

Tentara Suriah berpatroli di Kota Aleppo (Buzzfeed.com)

Tentara Suriah berpatroli di Kota Aleppo (Buzzfeed.com)

Krisis berkepanjangan yang terjadi di Aleppo, Suriah menyorot simpati beberapa negara muslim di dunia. Bagaimana tidak? Hampir seluruh bangunan di kota tersebut hancur akibat serangan yang terjadi terus-menerus. Kendati demikian, hingga kini belum ada satu negara pun yang memberikan bantuan guna mengakhiri krisis berkepanjangan itu.

Hal itu membuat Brita Hagi Hasan, Walikota Aleppo Timur merasa sedih. Ia menuding masyarakat dunia berpangku tangan melihat kekejaman yang terjadi di sana.

“Saya tidak meminta negara lain untuk turut berperang, tapi perundingan tidak akan menyelamatkan warga sipil dari krisis ini. Kami butuh bantuan hukum yang jelas untuk menyelamatkan masyarakat,” tutur Hasan saat berbincang dengan awak media di depan gedung Dewan Eropa, seperti dikabarkan Buzzfeed, Kamis (15/12/2016).

Kondisi anak-anak di Aleppo (Buzfeed.com)

Kondisi anak-anak di Aleppo (Buzfeed.com)

Krisis yang tersebut membuat Hasan tidak bisa kembali ke Aleppo sejak Juli 2016. Ia kini berada di Eropa guna menghadiri pertemuan dengan 28 kepala negara dari Uni Eropa untuk membahas krisis di Aleppo. Kendati demikian, ia tetap memantau kondisi penduduk di wilayah yang dipimpinnya.

Kepulan asap akibat serangan di Aleppo (Buzfeed.com)

Kepulan asap akibat serangan di Aleppo (Buzfeed.com)

Hasan memperkirakan puluhan ribu penduduk yang menghuni Aleppo Timur harus segera dievakuasi dari kekacauan yang terjadi. “Perang ini kian memanas. Aku melihat ada ratusan mayat di bawah reruntuhan bangunan, dan ribuan lainnya terluka,” lanjut Hasan.

Sebagai walikota, Hasan meminta warganya untuk pergi dari Aleppo guna menyelamatkan diri. Namun, hal itu agaknya mustahil untuk dilakukan. Sebab, tentara Bashar Al-Assad terus berjaga di setiap sudut.

Warga Aleppo hendak mengungsi (Buzzfeed.com)

Warga Aleppo hendak mengungsi (Buzzfeed.com)

“Mungkin salah satu solusi terbaik adalah menurunkan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad dari jabatannya, karena selama ini ia telah melakukan kejahatan perang,” tutur Hasan. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

lowongan kerja
lowongan kerja PERSONALIA & GENERAL AFFAIR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…