Ilustrasi stasiun pengisian bahan bakar minyak (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis) Ilustrasi bahan bakar minyak (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)
Sabtu, 17 Desember 2016 14:35 WIB JIBI/Solopos/Newswire Ekonomi Share :

Harga Pertalite, Pertamax, dan Dexlite Naik Rp150/liter

Pertamina menaikkan harga BBM nonsubsidi.

Solopos.com, JAKARTA – Harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax, Pertalite, dan Dexlite, naik senilai Rp150 per liter. Kenaikan harga BBM tersebut berlaku mulai Jumat (16/12/2016) pukul 00.00.

Dengan demikian, harga Pertalite naik dari 6.900 per liter menjadi Rp 7.050 per liter, harga Pertamax 92 naik dari Rp7.600 per liter menjadi Rp7.750 per liter dan Dexlite naik dari Rp6.750 per liter menjadi Rp 6.900 per liter.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan penyesuaian harga bahan bakar khusus (BBK) yang merupakan aksi korporasi Pertamina tersebut dilakukan merespons perkembangan harga indeks pasar gasoline untuk periode penetapan harga medio Desember 2016.

Selain itu, tambah dia, pada periode yang sama rupiah sedikit melemah sebesar 0,7%. “Penyesuaian dilakukan terhadap Pertamax, Pertalite, dan Dexlite yang nilainya sebesar Rp150 per liter berlaku untuk seluruh wilayah,” kata Wianda seperti dikutip dari Okezone, Sabtu (17/12/2016).

Adapun, harga Pertamax Plus, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex tidak berubah. “Kami akan tetap mempertahankan tingkat daya saing produk-produk Pertamina baik terkait kualitas maupun harga,” tutur Wianda.

Hingga November 2016, tuturnya, market share Pertalite telah mencapai 32%, Pertamax 19%, dan Premium telah menyusut ke angka sekitar 45%, dan market share lainnya diraih oleh Pertamax Turbo yang terus melejit menggantikan posisi Pertamax Plus.

Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi seperti dilansir liputan6.com mengungkapkan evaluasi harga BBM nonsubsidi dilakukan per dua pekan. “Kan biasa setiap dua minggu dievaluasi. Kenaikan Rp150 untuk semua wilayah,” tutup Afandi.

Lowongan Pekerjaan
Sales Lapangan FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Penurunan PTKP

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (4/8/2017). Esai ini karya Muhammad Aslam, seorang praktisi perpajakan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah aslam_boy@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Target penerimaan pajak yang sering tidak tercapai selalu menjadi perhatian khusus pemerintah dari tahun…