Teknologi
Sabtu, 17 Desember 2016 - 18:10 WIB

14 Abad Lalu, Alquran Sudah Jelaskan Pembuatan Piramida Mesir

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Piramida di Mesir (dailymail.co.uk)

Piramida Mesir merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Solopos.com, JAKARTA — Jauh sebelum para ahli meneliti Piramida Mesir peninggalan Firaun, Alquran telah menjelaskan bagaimana piramida terbentuk.

Advertisement

Terbentuknya piramida telah dijelaskan oleh ilmuwan pada 2006. Sebagaimana dikutip Okezone, Jumat (16/12/2016), diambil dari berbagai sumber, satu dekade lalu, harian Amerika Times edisi 1 Januari 2006 memberitakan hasil penelitian yang mengatakan piramida dibuat dengan menggunakan tanah liat.

Tanah liat itu dipanaskan, maka akan terbentuk batuan keras yang membuatnya tidak dapat dibedakan dengan batuan alam. Ilmuwan mengungkap, Firaun ialah penguasa yang mahir dalam bidang ilmu kimia untuk memproses tanah liat. Sebelumnya Profesor Gilles Hug dan Dr Michel Barsoum menjelaskan piramida dibangun dengan menggunakan batuan asli serta batu yang diciptakan dari tanah liat.

Ilmuwan asal Prancis, Profesor Davidovits juga mengungkap penelitian serupa dengan memanfaatkan mikroskop elektron. Davidovits menemukan bahwa batu piramida dibuat dari lumpur. Ia menjelaskan lumpur tersebut berasal dari lumpur kapur yang diberi garam, lalu dipanaskan.

Advertisement

Lumpur yang telah diolah menurut ukurannya itu dibakar, setelah itu diletakan di tempat yang telah disediakan di tembok piramida.

Ilmuwan lain asal Belgia juga meneliti piramida selama bertahun-tahun. Ia menemukan bahwa piramida diciptakan dengan mengandalkan tanah liat. Fakta-fakta itu terungkap secara jelas dalam Alquran yang diturunkan 14 abad lalu.

Allah berfirman dalam salah satu ayat bahwa Firaun membangun bangunan yang tinggi dari tanah liat yang dibakar. “Dan berkata Fir’aun: ‘Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta,” bunyi Surah Al-Qashash Ayat 38.

Advertisement

Dari kutipan ayat tersebut, dapat diketahui Alquran telah lebih dahulu menyebutkan bahwa Piramida Giza terbuat dari tanah liat. Jauh sebelum para peneliti tersebut menghabiskan waktu meneliti batuan-batuan yang terdapat pada bangunan piramida tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif