Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi menggelar Kenduri di Kali Kuning Pakem sebagai rasa syukur dan persiapan menghadapi liburan akhir tahun ini. (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja) Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi menggelar Kenduri di Kali Kuning Pakem sebagai rasa syukur dan persiapan menghadapi liburan akhir tahun ini. (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)
Jumat, 16 Desember 2016 23:55 WIB Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

WISATA SLEMAN
Ungkapan Syukur, Lavatour Merapi Gelar Kenduri

Wisata Sleman dipersiapkan untuk hadapi liburan akhir tahun

Solopos.com, SLEMAN — Komunitas jip di lereng Merapi siap melayani wisatawan selama libur akhir tahun ini. Sejumlah paket lavatour Merapi disiapkan bagi wisatawan yang datang ke lokasi tersebut

Ketua II Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM), Bambang Sugeng mengatakan selama kegiatan wisata Lavatour tidak pernah terjadi kasus atau insiden yang terjadi. Hal itu dikarenakan pelayanan kepada wisatawan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Adapun jumlah wisatawan yang memanfaatkan wisata lavatour tersebut setiap hari antara 500 hingga 750 orang.

“Banyak pemandangan yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Bahkan, kondisi bekas erupsi Merapi tidak dijumpai di negara lain,” ujar Bambang, Jumat (16/12/2016)

Terkait kegiatan Kenduri yang digelar, Bambang menyampaikan, aksi tersebut diikuti oleh 60 Komunitas AJWLM dengan 60 Tumpeng dan uba rampe lainnya. Termasuk puluhan Ingkung Ayam dan jajan pasar. Dalam acara kenduri tersebut, doa dipimpin oleh sesepuh setempat dan diikuti oleh semua komunitas. Manariknya lagi usai kenduri Tumpeng dan ubo rampe lainnya dimakan dan dinikmati bersama atau bisa disebut Kembul Bujono.

“Kenduri ini merupakan ungkapan rasa syukur atas segala keberhasilan, keselamatan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kami berharap wisata lavatour ini dapat memberikan keberhasilan bagi anggota asosiasi dan masyarakat di sekitar Pakem dan Cangkringan, terlebih dalam menghadapi liburan dan tahun baru,” harapnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.NSC FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…