Jatim
Jumat, 16 Desember 2016 - 15:05 WIB

BANTUAN PEMERINTAH : 3.000 Janda di Ponorogo Dapat Bantuan Kambing

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ipong Muchlissoni. (wikipedia)

Bantuan pemerintah, sebanyak 3.000 janda di Ponorogo mendapat bantuan berupa kambing dari Pemkab Ponorogo.

Madiunpos.com, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten Ponoorogo memberikan bantuan kambing kepada 3.000 janda yang menjadi kepala keluarga di wilayah setempat. Pemberian kambing tersebut merupakan program pengentasan kemiskinan dari Pemkab setempat.

Advertisement

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan program ini bertujuan memperkuat perekonomian para janda yang selama ini menjadi tumpuan bagi kehidupan keluarganya.

“Ini merupakan bentuk empati dan simpati pemerintah terhadap kehidupan janda yang menjadi kepala rumah tangga dan menghidupi keluarganya,” kata Ipong, Kamis (15/12/2016).

Ipong menuturkan anggaran yang digelontorkan untuk pemberian kambing tersebut yaitu Rp3,1 miliar. Setiap janda diberi seekor kambing dengan harga sekitar Rp1 juta.

Advertisement

Dia menuturkan sebenarnya pemerintah hendak memberikan bantuan uang tunai kepada janda tersebut. Namun, karena dalam aturan tidak diperbolehkan memberikan bantuan secara tunai sehingga bantuan diberikan dalam bentuk barang.

Sebelum pemberian bantuan kambing itu, Ipong mengaku telah mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah se-Ponorogo untuk memberikan masukan mengenai bantuan apa yang pas bagi para janda itu. Kemudian para kepala desa dan lurah mengusulkan untuk pemberian bantuan kambing.

“Saya juga bingung saat itu, harus memberikan bantuan apa kepada para janda ini. Karena aturan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memang tidak memperbolehkan dalam bentuk uang tunai,” ujar dia.

Advertisement

Untuk mekanisme penyaluran bantuan, awalnya dana tersebut ditransfer ke kas desa. Selanjutnya, pemerintah desa atau kelurahan yang membelikan kambing dan diserahkan kepada para janda tersebut.

“Saya berharap program itu juga bisa dilaksanakan pada tahun 2017. Dengan tujuan supaya bantuan itu bisa meningkatkan penghasilan para janda,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif