Jateng
Kamis, 15 Desember 2016 - 10:50 WIB

Hari Juang Kartika Diwarnai Pencanangan Jambanisasi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi (tengah) menghadiri acara peringatan Hari Juang Kartika di Balai Kota Salatiga, Jateng, Rabu (14/12/2016). (Salatigakota.go.id)

Hari Juang Kartika digunakan sebagai momentum pencanangan program jambanisasi oleh Kodim 0714/Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika yang jatuh setiap 15 Desember, Kodim 0714/Salatiga mencanangkan program jambanisasi. Program yang digagas Kodim 0714/Salatiga itu mendapat dukungan dari Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi.

Advertisement

Dukungan itu diungkapkan Jaswandi saat menghadiri acara peringatan Hari Juang Kartika di Lapangan Pancasila, Kelurahan Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (14/12/2016). Hari Juang Kartika adalah peringatan atas Pertempuran Ambarawa, semula momentum itu dijuluki sebagai Hari Infanteri namun kini dianggap sebagai hari jadi TNI Angkatan Darat (AD).

Selain mengungkapkan dukungannya terhadap program tersebut, Jaswandi juga mendukung kegiatan bakti sosial yang digelar Kodim 0714 untuk memperingati hari istimewa tersebut. “Dengan dukungan dari pemerintah daerah, pihak swasta, dan juga pihak-pihak lainnya, saya berharap agar program-program seperti ini dapat terus dilanjutkan,” ujar Pangdam seperti dikutip Salatigakota.go.id.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Salatiga Achmad Rofai menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak TNI AD atas program jambanisasi dan bakti sosial tersebut. “Momen Hari Juang Kartika Tahun 2016 ini terasa spesial karena Kota Salatiga mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu tempat penyelenggara rangkaian Peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2016, mulai dari kegiatan bakti sosial termasuk program jambanisasi bagi masyarakat yang membutuhkan,” ucap sang pelaksana tugas.

Advertisement

Selain itu, Achmad Rofai juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak Kodim 0714/Salatiga yang telah menggagas program tersebut. “Alhamdulillah, saat ini sudah terealisasi sebanyak 380 jamban. Pemkot Salatiga ikut mendukung program ini melalui anggaran perubahan 2016,” ungkapnya. Ia juga memaparkan bahwa pihak Pemkot Salatiga sudah menganggarkan dana untuk menyelesaikan target 620 jamban pada 2017 mendatang.

Seusai acara peringatan Hari Juang Kartika TNI AD, Pangdam IV/Diponegoro bersama Dandim 0714/Salatiga, Plt. wali kota, dan juga beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Salatiga meninjau kegiatan bakti sosial yang digelar di Lapangan Pancasila. Kegiatan tersebut meliputi pengobatan gratis, donor darah, sunatan massal, pemasangan alat KB gratis, pemeriksaan gigi gratis, pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis. Acara bakti sosial tersebut dibanjiri ribuan warga. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif