Entertainment
Kamis, 15 Desember 2016 - 20:45 WIB

Dituding Plagiat Produk Lain, Ayu Ting Ting Dihujat

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ayu Ting Ting (Instagram)

Artis Ayu Ting Ting dikabarkan plagiat produk asing untuk bisnis fashionnya.

Solopos.com, SOLO – Pedangdut Ayu Ting Ting kembali ditimpa masalah. Warga dunia maya (netizen) menudingnya melakukan tindak plagiat pada produk fashion yang dijualnya secara online.

Advertisement

Kejadian itu bermula ketika akun Instagram A2T, @a2t.official, clothing line milik Ayu Ting Ting, mengunggah foto seorang model dengan kaus warna abu-abu dan celana jin hitam, Jumat (9/12/2016), lalu.

Sekilas tidak ada yang salah dengan foto tersebut, sampai pengguna Internet menemukan kesamaan foto tersebut dengan koleksi ASOS, brand ternama di Inggris. Temuan tersebut tentu saja menjadi bahan netizen mencibir janda satu anak tersebut.

Screencapture foto yang diunggah A2T (Instagram @lambe_turah)

Advertisement

Mereka menuding Ayu Ting Ting melakukan plagiarisme. Setelah mengetahui fotonya mengundang kontroversi, pihak manajemen A2T langsung menghapus postinganya.

Sayangnya, foto tersebut telah di-screencapture oleh salah satu akun gosip ternama, @lambe_turah, Rabu (14/12/2016). Menurut akun @lambe_turah, foto yang diunggah @a2t.official sengaja dihapus karena ada seorang netizen yang melaporkan tindakan plagiarisme itu kepada pihak ASOS.

@ASOS I found someone violating your privacy police by using your image as their promotion tool on IG @a2t.official (saya menemukan seseorang melanggar hak cipta dengan memakai gambar Anda untuk sarana promosi mereka di akun Instagram @a2t.official),” kicau pengguna Twitter @fannyeel.

Advertisement

Screencapture laporan netizen kepada pihak ASOS (Instagram @lambe_turah)

Kicauan akun @fannyeel pun direspons oleh phak ASOS, “thanks for letting us know! We’ll pass this on to the relevant team (terima kasih telah memberitahu kami. Kami akan segera menindaklanjuti perkara ini dengan tim).

Fakta itu membuat netizen kembali menghujani Ayu Ting Ting dengan kritikan pedas. “Ga tau malu banget iyu. Sumpah ga ada habisnya ni orang buat masalah,” cibir pengguna Instagram @melindasari.barus.

Japok senengnya bikin org lain rugi. Nah lu ga mw rugi sama skali. Ga punya hati maunya untung sndri, org lain mw bsnis mikirnya stengah mati, nah lu main comot punya org. lu pikir hidup bs seenaknya apa,” sahut akun @zaaraasia.

Tak hanya mencibir, ada pula netizen yang menyarankan agar Ayu Ting Ting berdagang baju dari Pasar Tanah Abang, Jakarta. “Mbakyu klo ga ada ide n ga bs cari model mending ambil baju d tanah abang trus di jual lg, drpd bkin brand sendiri tp plagiat, wkwkwk,” tutur akun @indah.shary16.

Seolah tak tahan dengan segala cibiran yang dialamtkan kepada dirinya, pihak manajemen A2T menyampaikan klarifikasi kepada netizen melalui sebuah postingan di Instagram @a2t.official, Kamis (15/12/2016).

“Salam sejahtera. Kami selaku akun resmi A2T by Ayu Ting Ting ingin mengklarifikasi mengenai terjadinya posting yang diasumsikan meniru salah satu merek clothing lain. Pada tanggal 9 Desember sore, kami mendapatkan akun resmi kami tidak dapat diakses dan kami mencoba mencari tahu apa yang terjadi. Kejadian ini berlangsung hanya sebentar saja, kemudian akun kami kembali normal. Setelah itu kami terus melanjutkan kegiatan kami seperti biasa,” tulis akun @a2t.official.

Klarifikasi dari pihak manajemen A2T terkait dugaan plagiat (Instagram @a2t.official)

Pihak manajemen A2T mengaku tidak menyangka jika akun Instagram mereka telah diretas oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Kami tidak menyangka kejadian tersebut ternyata merupakan bagian dari pembajakan akun kami. Tanpa kami sadari terdapat postingan tersebut di dalam akun kami. Setelah kejadian kemarin, kami mencari tau siapa pihak yang membajak akun kami, dan sudah kami telusuri,” lanjut pihak manajemen A2T.

Selanjutnya, pihak manajemen A2T berjanji akan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat. Mereka juga berharap produk yang dijual dengan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

“Sekian klarifikasi dari kami, semoga bermanfaat bagi semua pihak. Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kami dan kami akan membenahi serta memperbaiki kekurangan kami. Semoga ke depannya @a2t.official bisa lebih baik lagi dan bisa diterima oleh seluruh kalangan di Indonesia,” tutup pihak manajemen A2T. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif