Jateng
Minggu, 11 Desember 2016 - 03:50 WIB

Semarang Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Kota Semarang (Istimewa-semarangkota.go.id)

Semarang mendapat pengakuan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai kota yang peduli terhadap hak asasi manusia (HAM).

Semarangpos.com, SEMARANG – Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), meraih predikat sebagai kota peduli hak asasi manusia (HAM) tingkat nasional. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM di Gedung Grahadi Balai Kota Surabaya, Kamis (8/12/2016).

Advertisement

Penghargaan berupa Kota Peduli HAM itu diberikan secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly, kepada Kepala Bagian Hukum Pemkot Semarang, Abdul Haris.

Abdul Haris menyebutkan Kota Semarang diganjar predikat Kota Peduli HAM karena dinilai berhasil membangun kesadaran masyarakat akan produk-produk hukum.

“Selama ini kami membina masyarakat kota Semarang melalui Kelompok Sadar Hukum, sosialisasi Rencana Hak Asasi Manusia, sosialisasi produk hukum baik di tingkat daerah maupun pusat, termasuk lomba Kadarkum tingkat Kota Semarang yang dilaksanakan Selasa (6/12/2016),” jelas Abdul Haris dalam situs resmi Pemkot Semarang, Jumat (9/12/2016).

Advertisement

Sejumlah kriteria penilaian ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan penilaian dari tahun 2015 bagi kabupaten kota sebagai penerima penghargaan peduli HAM. Di antaranya pada aspek hak hidup berupa angka kematian ibu hamil dan bayi, hak mengembangkan diri berupa angka anak-anak yang berkebutuhan khusus, penyandang buta aksara.

Selain itu yang juga dinilai adalah aspek hak atas kesejahteraan berupa jumlah keluarga berpenghasilan rendah, rumah tidak layak huni, jumlah pengangguran, balita kurang gizi, serta aspek hak atas rasa aman, dan hak perempuan yang disampaikakan melalui Pemerintah Provinsi Jateng selaku koordinator.

Sementara itu Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi, memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam keberhasilan Semarang meraih predikat Kota Peduli HAM.

Advertisement

“Saya berharap dengan diterimanya penghargaan ini masyarakat Kota Semarang yang telah kami beri sosialisasi terkait HAM dan Produk hukum akan semakin sadar dan melek hukum,” tutur Hendi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif