Soloraya
Sabtu, 10 Desember 2016 - 07:00 WIB

Pemkab Klaten Habiskan Rp11 Miliar untuk Beli 37 Mobil

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Pemkab Klaten berencana membeli 37 mobil baru untuk operasional dengan dana Rp11 miliar.

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten membeli 37 kendaraan operasional pada akhir tahun ini. Pembelian kendaraan itu menggunakan dana dari APBD Perubahan 2016 senilai Rp11 miliar.

Advertisement

Kabid Aset Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Purwanto Agus Raharjo, mengatakan total anggaran untuk pengadaan kendaraan operasional itu senilai Rp11 miliar. Dana itu untuk membeli 26 mobil operasional kecamatan, delapan mobil operasional Bappeda, Bapermas, serta DPRD, tiga unit minibus untuk mobil operasional untuk komisi-komisi di DPRD Klaten serta eksekutif.

“Kendaraan operasional kecamatan yang selama ini digunakan merupakan pengadaan 2005. Memang sudah waktunya untuk diganti. Untuk penggantinya nanti jenisnya sama [Toyota Avanza],” kata Agus saat ditemui di DPKKAD Klaten, Jumat (9/12/2016).

Agus mengatakan segera mengecek kendaraan operasional lama setelah kendaraan operasional baru diterima. Mobil operasional lama direncanakan untuk mendukung operasional sejumlah perangkat daerah yang baru.

Advertisement

“Nanti tinggal dicek dulu kondisi mobilnya seperti apa. Kalau memang layak, bisa digunakan untuk mendukung operasional dinas baru pada 2017. Kalau memang kondisinya tidak memungkinkan bisa dilelang,” urai dia.

Camat Klaten Tengah, Widayatna, mengatakan kendaraan operasional di kecamatan tempatnya bekerja belakangan kerap masuk bengkel. Ia mengatakan selama menggunakan kendaraan operasional tersebut sudah empat kali mengganti kaca pintu mobil.

“Suaranya sudah berisik karena memang sudah berusia 11 tahun, belum lagi yang memanfaatkan banyak. Kondisinya sekarang kaca mudah lepas ketika ada goncangan. Karena onderdilnya tidak ada, ya jadi saat ini hanya direkatkan pakai lem,” ungkap dia.

Advertisement

Bupati Klaten, Sri Hartini, mengatakan untuk menunjang operasional para camat sudah dipersiapkan kendaraan operasional baru. “Dengan adanya kendaraan operasional yang baru, kami harapkan bisa meningkatkan kerja dan layanan ke masyarakat,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif