News
Jumat, 9 Desember 2016 - 21:00 WIB

Wacanakan Yuan Gantikan Dolar, Presiden Dinilai Cuma Pancing Investor

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (JIBI/Solopos/Dok.)

Wacana Presiden Jokowi menggunakan yuan sebagai alat tukar utama pengganti dolar AS dinilai hanya sebagai pancingan bagi investor.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komisi XI DPR, Achmad Hafisz Tohir, mengatakan bahwa wacana pemerintah menjadikan mata uang China yuan sebagai alat tukar utama pengganti dolar AS hanya sebagai pancingan saja agar investasi dari Barat meningkat.

Advertisement

Menurutnya, kalau yuan dijadikan alat tukar utama, maka Indonesia akan menanggung risiko yang tidak ringan. Selain itu, ujarnya, juga akan muncul ketidakpastian bagi para pelaku ekonomi di Indonesia.

“Jadi wacana ini hanya sebagai pancingan pemerintah agar negara-negara Barat dan Amerika meningkatkan investasinya di Tanah Air,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (9/12/2016).

Lebih jauh Hafisz mengatakan bahwa sampai sejauh ini perekonomian Cina belum stabil dan rentan sehingga berisiko bagi kepastian investasi di Indonesia. Politikus PAN ini juga menyatakan bahwa Pemerintah sedang mengejar realisasi investasi pada 2017 sehingga wacana itu dimunculkan.

Advertisement

“US dollar telah menjadi alat tukar utama dunia. Dunia menggunakan US dollar disebabkan ekonomi Amerika yang relatif stabil,” ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa dulu sempat ada wacana untuk menjadikan euro menjadi alat tukar utama. Tetapi sangat riskan menggunakan euro, karena selain mata uang baru, euro juga relatif fragile, karena rentan terhadap perpecahan,” papar politisi tersebut.

Pada bagian lain, Hafisz menambahkan bahwa argumen pemerintah juga tidak dapat diterima di balik keinginan menjadikan yuan sebagai alat tukar utama. Pemerintah menilai ekspor ke Negeri Tirai Bambu cukup tinggi atau mencapai 10% hingga 11% dari total ekspor Indonesia. Cina juga dinilai sebagai mitra dagang yang baik. Jadi menurut pemerintah, tepat bila yuan dijadikan alat tukar utama.

Advertisement

“Hubungan dagang kita dengan China tidak menguntungkan alias berat sebelah. Sudah sejak empat tahun terakhir merugi dalam neraca perdagangan dengan China,” ujarnya. Sedangkan dengan Amerika Serikat Indonesia selalu surplus alias untung. “Pilih mana, perdagangan besar tapi rugi atau perdagangan kecil tapi untung,” ujarnya.

Advertisement
Kata Kunci : Dolar AS Presiden Jokowi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif