Sport
Jumat, 9 Desember 2016 - 08:30 WIB

Sejarah Tercatat di Grup F Liga Champions, 51 Gol Tercipta!

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Real Madrid. (REUTERS/Susana Vera)

Liga Champions musim ini menorehkan sejarah baru.

Solopos.com, SOLO – Sejarah dicatat oleh Grup F dalam kualifikasi Liga Champions musim ini. Grup yang berisi Real Madrid, Borussia Dortmund, Legia Warsawa dan Sporting Lisbon ini ditahbiskan menjadi grup dengan jumlah gol paling banyak di Liga Champions sepanjang masa.

Advertisement

Ada 51 gol dari enam matchday di grup yang meloloskan Dortmund dan Madrid ke babak selanjutnya itu. Banjir gol di Grup F mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Grup D di Liga Champions musim 2013/2014. Saat itu grup yang dihuni Manchester City, Bayern Munich, Viktoria Plzen dan CSKA Moskow mampu mencatatkan 49 gol di papan skor.

Di grup F, Dortmund menjadi klub dengan penyumbang gol terbanyak yakni 21 gol. Delapan dari 21 gol itu terjadi dalam satu laga yakni saat melawan Legia Warsawa di Signal Iduna Park, 23 November lalu. Laga yang berkesudahan 8-4 bagi keunggulan Dortmund itu juga didaulat sebagai laga dengan skor terbesar di Liga Champions.

Catatan 21 gol Dortmund juga memecahkan rekor klub dengan gol terbanyak di fase kualifikasi. Rekor sebelumnya yakni 20 gol dipegang Manchester United (1998/1999), Real Madrid (2013/2014) dan Barcelona (2011/2012 dan 2016/2017).

Advertisement

Kesuksesan Dortmund tak lepas dari peran striker Pierre Emerick Aubameyang. Striker berkebangsaan Gabon itu mencetak empat gol dan tiga assist bagi Die Borussen di Liga Champions. Aubameyang juga menjadi tokoh sentral saat Dortmund menahan Madrid 2-2 di Santiago Bernabeu.

Media-media di Spanyol membicarakan kehebatan Aubameyang sebagai penegasan ambisi sang pemain untuk bergabung di Madrid. Menjadi rahasia umum jika striker Dortmund itu sudah lama mendambakan kostum Los Blancos.

“Ya, saya masih ingin bermain bersama Real. Itu janji yang aku buat pada kakekku dulu,” ujarnya seperti dilansir Marca.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif