Soloraya
Jumat, 9 Desember 2016 - 09:00 WIB

Radio Anak Siap Mengudara di Solo dengan Siaran Langsung

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Radio Komunitas Anak Surakarta akan melakukan siaran langsung.

Solopos.com, SOLO — Radio Komunitas Anak Surakarta (Konata) segera melakukan siaran secara langsung di Kota Solo. Selama ini radio anak tersebut hanya melakukan siaran offline dengan memutar lagu-lagu anak.

Advertisement

Pendamping penyiar radio anak Konata, Farhan, mengatakan siaran langsung dilakukan menyusul usainya kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) di sekolah. Dengan begitu, anak-anak memiliki waktu longgar lebih banyak ketimbang biasanya.

Pekan depan, lanjut Farhan, siaran langsung dimulai dengan memutar rekaman suara masing-masing penyiar. Hal itu dilakukan guna membangun kepercayaan diri anak.

“Anak-anak bisa mendengarkan suara mereka di rumah. Oh, ini lo suara saya. Kalau mereka langsung siaran  mereka tidak tahu suara mereka. Mereka bisa jadi grogi,” kata Farhan saat ditemui Solopos.com di studio radio anak di Taman Cerdas Jebres, Kelurahan Jebres, Kamis (8/12/2016).

Advertisement

Farhan menjelaskan seusai memperdengarkan rekaman suara, pekan berikutnya dilakukan siaran secara langsung. Siaran tiap hari mulai pukul 15.00 WIB-17.00 WIB.

“Ada tujuh penyiar mulai dari anak SD sampai SMA yang bakal mengisi. Satu penyiar siaran selama sejam. Jadi, sehari ada dua penyiar,” jelas Farhan.

Selain diisi materi-materi menarik oleh penyiar, siaran langsung juga bakal menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif. “Ke depan anak-anak kami ajak untuk melakukan gathering misalnya dari TK di aula di bawah studio. Dengan begitu anak-bisa bermain sambil siaran. Siaran sambil bermain. Karena anak-anak tidak bisa dilepaskan dari bermain,” tutur Farhan.

Advertisement

Kasi Pengembangan Komunikasi dan Informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Isnan Wihartanto, mengatakan radio anak dikemas untuk mewadahi kreativitas dan potensi anak-anak di Solo. “Radio anak bisa untuk membentuk mental, kepercayaan diri, dan bakat anak-anak. Ini bisa menjadi bekal softskill mereka di masa mendatang,” kata Isnan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif