Jateng
Jumat, 9 Desember 2016 - 13:50 WIB

OPERASI ZEBRA 2016 : 2 Pekan Operasi, Tilang Semarang Meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas menggelar razia kendaraan bermotor dalam rangka Operasi Zebra Candi. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Operasi Zebra Candi 2016 yang digelar selama 2 pekan mencatatkan jumlah tilang meningkat ketimbang tahun lalu.

Semarangpos.com, SEMARANG — Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang mencatat penindakan terhadap pengguna jalan dengan memberikan surat bukti pelanggaran (tilang) pada Operasi Zebra Candi 2016 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Advertisement

“Selama dua pekan pelaksanaan Zebra Candi 2016 terdapat 8.042 pengendara kendaraan bermotor yang ditilang,” ungkap Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Effendi di Semarang, Rabu (7/12/2016).

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan pengendara yang ditilang pada Operasi Zebra Candi 2015 yang mencapai 6.015 pengendara. Adapun jenis pelanggaran yang dilakukan, kata dia, didominasi oleh pelanggaran marka, rambu, serta lampu lalu lintas. Sisanya, ujar dia, pelanggaran berupa tidak menggunakan helm dan sabuk keselamatan.

Dilihat dari jenis kendaraan yang digunakan, kata dia, pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor. Meski terdapat peningkatan pengendara yang ditindak, ia mengklaim angka kecelakaan lalu lintas turun dibandingkan dengan tahun lalu.

Advertisement

Pada 2015, kata dia, angka kecelakaan selama Operasi Zebra Candi mencapai 28 kejadian dengan dua korban meninggal dunia, sedangkan pada 2016, angka kecelakaan 24 kejadian dengan dua korban meninggal dunia.

Ke depan, ia mengharapkan kepatuhan pengguna jalan terhadap aturan lalu lintas dapat ditingkatkan, terutama ketika tidak digelar operasi. “Kami akan selalu melakukan sosialisasi, mengingatkan kepada pengendara kendaraan bermotor agar selalu tertib berlalu lintas,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif