Soloraya
Kamis, 8 Desember 2016 - 15:15 WIB

PRESTASI SOLO : Pemkot Solo Sabet Anugerah Dana Rakca 2016

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyerahkan plakat penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016 kepada Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Istana Negara, Rabu (7/12/2016). (Istimewa)

Prestasi Solo bertambah lagi yakni menyabet Anugerah Dana Rakca 2016.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerima Anugerah Dana Rakca 2016 dari Kementerian Keuangan. Penghargaan diberikan karena Pemkot dinilai mampu mengelola keuangan dengan baik.

Advertisement

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo di Istana Negara, Rabu (7/12/2016).

Indikator dalam penghargaan itu di antaranya Pemkot tepat dalam pengesahan dan pemanfaatan secara optimal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pemkot berhasil meraih predikat dari BPK tersebut untuk kali keenam secara berturut-turut. Hal ini merupakan keberhasilan Pemkot menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar tertinggi dalam akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Advertisement

“Jadi sejak 2010, Pemkot mendapat penghargaan dari BPK dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar tertinggi akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah,” ujar Wali Kota yang akrab disapa Rudy, Rabu petang.

Menurutnya, penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016 diraih Pemkot karena keberhasilan dalam mengimplementasikan akuntasi pemerintah berbasis akrual. Hal itu sesuai dengan amanat UU 17/2013 tentang Keuangan Negara dan PP 71/2010 tentang Standar Akuntasi Pemerintah.

Ia mengatakan beragam penghargaan yang diterima Pemkot diharapkan mampu menjadi pelecut motivasi kinerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemkot Solo. Tentunya, imbuh dia, terus mempertahankan penghargaan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Pusat dengan lebih baik.

Advertisement

“Pencapaian ini bukanlah hasil kerja Wali Kota semata melainkan hasil kerja seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot,” katanya.

Rudy mengatakan pengelolalan keuangan daerah harus disusun dengan hati-hati agar semua kegiatan terdokumen dengan rapi. WTP merupakan bagian perwujudan E-Goverment yang nantinya mempercepat kesejahteraan masyarakat dengan sasaran tertib secara administrasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif