Jogja
Kamis, 8 Desember 2016 - 03:40 WIB

PERTANIAN KULONPROGO : Kelengkeng Potensi Agrowisata Kalibawang

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Potensi tanaman kelengkeng di Desa Banjaroyo, Kalibawang dipandang bisa meningkatkan daya tarik agrowisata daerah, Rabu(7/12). (Harian Jogja/Sekar Langit Nariswari)

Saat ini terdapat sedikitnya 3.000 batang tanaman dengan 74 varietas tanaman.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tanaman kelengkeng dinilai berpotensi menambah nilai agrowisata di kawasan Desa Banjaroya, Kalibawang. Hal ini disampaikan oleh Camat Kalibawang, Hendri Usdiarka dalam acara panen kelengkeng di Embung Tonogoro pada Rabu (7/12/2016).

Advertisement

Ia mengatakan bahwa saat ini terdapat sedikitnya 3.000 batang tanaman dengan 74 varietas tanaman. Semuanya terdiri dari tanaman kelengkeng, durian dan srikaya yang berada di sekitar embung tersebut. Perkebunan dan embung tersebut menempati lahan seluas 1 hektar dari kawasan agrowisata yang berjumlah 20 hektar.

Hendri juga menerangkan jika paling tidak ada 46.000 pengunjung yang datang ke embuk dan area perkebunan ini pada tahun 2016. “Potensi yang sangat besar untuk menjadi kawasan agrowisata yang menjanjikan,”urainya. Terlebih lagi, nantinya akan dibangun akses jalan yang menghubungkan Kulonprogo dengan Candi Borobudur.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kulon Progo, Krissutanto mengatakan, untuk pengembangan kawasan Agrowisata di daerah Banjaroya ini masih perlu adanya faktor pendukung yang memadai. Hal ini tidak lain karena banyaknya wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang melalui jalur ini. “Hal tersebut tidak mudah, untuk menyamai ketenaran Candi Borobudur, “ujar Krissutanto.

Advertisement

Sementara itu, penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono mengatakan perlu kolaborasi akses jalan, event, dan daya tarik kuliner untuk menjual objek wisata. Lebih lanjut iamengatakan jika pemeliharaan tanaman buah harus terus diperhatikan dan dirawat.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif