Soloraya
Kamis, 8 Desember 2016 - 15:40 WIB

INFRASTRUKTUR SUKOHARJO : Jembatan Bulu Sudah Bisa Dilewati Kendaraan Roda Dua

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di Jembatan Bulu, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, secara bergantian, Kamis (8/12/2016). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Sukoharjo, Jembatan Bulu yang ambrol beberapa waktu lalu sudah bisa dilewati motor.

Solopos.com, SUKOHARJO — Jembatan Bulu di jalur alternatif ke Klaten maupun ke Gunungkidul, DIY, lewat Kecamatan Bulu, sudah bisa dilewati kendaraan roda dua.

Advertisement

Jembatan Bulu ambrol membuat jalur alternatif itu ditutup sejak 15 Oktober 2016. Saat ini jembatan itu masih dalam proses perbaikan namun sudah bisa dilewati kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat harus menunggu hingga pertengahan Desember untuk bisa lewat. Baca juga: Jembatan Bulu Ambrol, Lalu Lintas Dialihkan Lewat Sukoharjo

Pantauan Solopos.com di lokasi jembatan, Kamis (8/12/2016), dua pekerja proyek perbaikan jembatan disiagakan untuk mengatur lalu lintas. Lajur yang digunakan baru separuh di sisi utara jembatan.

Pengendara sepeda motor harus mengantre untuk melintas di jembatan tersebut. Namun, rambu peringatan tentang penutupan jembatan masih dipasang di simpang tiga arah Wonogiri atau setelah Polsek Bulu.

Advertisement

Di simpang tiga itu dipasang spanduk pengumuman penutupan jalan tetapi jalan raya menghubungkan Bulu dengan Wonogiri masih disisakan untuk mobil maupun sepeda motor.

Kapolsek Bulu, AKP Kamiran, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, saat ditemui di sela-sela memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tiyaran mengatakan jembatan mulai dibuka untuk kendaraan roda dua pada Selasa (6/12/2016) sore.

“Pengendara sepeda motor sudah bisa melintasi Jembatan Bulu secara bergantian karena pekerja bangunan masih melanjutkan pekerjaan. Jadi jembatan belum dibuka secara menyeluruh dan baru bisa untuk sepeda motor,” kata dia.

Advertisement

Hal senada disampaikan salah seorang warga Bulu, Wisnu Ramadan. Dia mengatakan Selasa sore pengendara sepeda motor sudah bisa melintasi Jembatan Bulu.

“Bagi penggguna jalan yang belum mengetahui betul ya tidak akan melintas karena papan penutup di dua arah menuju jembatan belum dibuka.”

Terpisah, rekanan pelaksana Jembatan Bulu CV Sugeng Mulya, Sugeng, membenarkan Jembatan Bulu sudah bisa dilewati sepeda motor sejak Selasa sore. “Kendaraan roda empat atau lebih belum diperbolehkan melintas karena umur beton belum mencukupi. Umur beton sekitar 21 hari atau pertengahan Desember nanti.”

Menurut dia, dua petugas disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas pengendara sepeda motor selama pembukaan jembatan. “Ada yang mengatur pengguna sepeda motor melintas di jembatan.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif