Soloraya
Rabu, 7 Desember 2016 - 12:00 WIB

PRESTASI SOLO : Pemkot Solo Sabet Penghargaan dari Kementerian Pariwisata

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Prestasi Solo meraih penghargaan dari Kemenpar.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional di akhir tahun 2016 ini. Setelah meraih Dwija Praja Nugraha dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), kali ini Pemkot menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata.

Advertisement

Kota Solo terpilih sebagai kota dengan aspek tata kelola pariwisata terbaik pada tahun ini. Penghargaan diberikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Kota Solo dipilih sesuai dengan penilaian dari Kementerian Pariwisata yang pemerintah daerahnya dianggap berhasil menyediakan sarana infrastruktur tempat pariwisata,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Solo Heri Purwoko, Selasa (7/12/2016).

Selain itu Pemkot dianggap telah peduli tempat-tempat wisata. Kota Solo sebagai kota transit ke daerah tujuan wisata lain telah dilakukan dengan memperbaiki akses jalan antar kota dan fasilitas penunjang bagi wisatawan baik domestik maupun regional.

Advertisement

Sementara, Wali Kota Solo mengatakan Pemkot akan terus berbenah dengan terus memperbaiki akses jalan ke daerah-daerah wisata. Selain itu kondisi tempat wisata juga akan terus diperbaiki dan pelayanan akan terus ditingkatkan.

“Sudah kami koordinasikan dengan jajaran SKPD [Satuan Kerja Perangkat Daerah] untuk terus meningkatkan pelayanan sehingga tamu menjadi lebih betah lagi,” kata Rudy, sapaan akrab F.X. Hadi Rudyatmo.

Dia mengatakan tantangan bagi pemerintah daerah saat ini adalah harus bisa meningkatkan potensi pariwisata. Salah satunya dengan meningkatkan pelayanan dan infrastruktur pendukung. Dengan demikian mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bengawan.

Advertisement

Selain Kota Solo, beberapa kota lain yang juga menerima penghargaan tersebut di antaranya Makassar, Denpasar, dan Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya Pemkot menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha tingkat nasional dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Penghargaan itu diberikan bagi daerah yang peduli terhadap guru dan pendidikan. Selain itu, Pemkot menerima penghargaan LPSE Award 2016 untuk kategori Komitmen 100% e-Procurement, penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo dan lain sebagainya.

Advertisement
Kata Kunci : Pemkot Solo Prestasi Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif