Sport
Rabu, 7 Desember 2016 - 20:58 WIB

PIALA AFF 2016 : Bobol di Injury Time, Vietnam Vs Indonesia Berlanjut ke Perpanjangan Waktu

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (PSSI.org)

Piala AFF 2016 menyajikan duel Vietnam vs Indonesia.

Solopos.com, HANOI – Indonesia harus bertandang ke markas Vietnam untuk melakoni leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjang waktu setelah Vietnam unggul 2-1 di waktu normal.

Advertisement

Dalam laga yang dilangsungkan di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12/2016) malam WIB, Indonesia lebih banyak ditekan di awal-awal laga. Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh Vietnam meski belum ada tendangan yang mengarah ke gawang Kurnia Meiga.

Baru di menit ke-7, sebuah tendangan keras dilesakkan Vu Van Thanh dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih tipis di samping gawang. Tak lama berselang giliran sepakan Le Cong Vinh yang masih melambung di atas gawang.

Advertisement

Baru di menit ke-7, sebuah tendangan keras dilesakkan Vu Van Thanh dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih tipis di samping gawang. Tak lama berselang giliran sepakan Le Cong Vinh yang masih melambung di atas gawang.

Hingga menit ke-20, Indonesia masih belum bisa lepas dari tekanan tuan rumah. Justru Vietnam yang nyaris mencetak gol. Berawal dari serangan dari sisi kanan pertahan Indonesia, bola dikirim ke kotak penalti dan terjadi kemelut. Beruntu Le Cong Vinh gagal menuntaskan peluang menjadi gol.

Dalam keadaan tertekan, Indonesia juga lebih banyak melakukan kesalahan sendiri. Banyak salah umpan dan membuat Vietnam cepat menguasai bola kembali. Hingga menit ke-31, belum ada peluang bersih sama sekali yang dicatatkan Indonesia.

Advertisement

Di babak kedua, Indonesia mencoba keluar dari tekanan. Sebuah sepakan jarak jauh Lilipaly masih menyamping. Tapi di menit ke-48, Vietnam membalas lewat Van Toan dengan tendangan keras yang masih melebar tipis.

Gol akhirnya datang untuk Indonesia di menit ke-54. Sebuah serangan yang diprakarsai oleh Boaz Solossa. Pemain Persipura itu kemudian mengirim umpan ke tengah, namun bek Vietnam salah mengantisipasi. Bola kemudian dicocor Lilipaly untuk menjadi gol. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Menit ke-61, Indonesia nyaris menggandakan keunggulan. Lilipaly mendapat umpan matang dari Andik, tinggal berhadapan dengan kiper tapi tedangannya masih melambung. Lima menit kemudian Vietnam membalas Lewat tendangan Le Cong Vinh tapi bisa ditangkap Kurnia Meiga.

Advertisement

Menit ke-75, Vietnam harus bermain dengan 10 pemain setelah sang kiper, Tran Nguyen diusir wasit. Bek Ngoc Chai pun kemudian diplot menjadi kiper. Tapi, dengan 10 pemain, Vietnam justru mampu menyamakan kedudukan.

Menit ke-83, Vietnam mendapat tendangan bebas. Bola kemudian dioper mendatar ke tengah dan langsung disambut Vu Van Thanh dengan tendangan keras yang mampu menjebol gawang Indonesia. Skor menjadi imbang 1-1.

Bahkan Vietnam mampu membalikkan kedudukan di masa injury time. Tuan Vu Minh mampu mencetak gol setelah melakukan aksi individu dan membuat laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Advertisement

Susunan pemain

Vietnam: Tran Nguyen, Truong Dinh, Tran Dinh, Que Ngoc, Luang Xuan, Vu Van Thanh, Dinh Thanh, Nguyen Trong, Nguyen Van Quyet, Le Cong Vinh, Nguyen Van Toan

Indonesia: Kurnia Meiga, Benny Wahyudi, Fachrudin, Hansamu, Abudh Lestaluhu, Manahati, Bayu Pradana, Andik Vermansyah, Rizky Pora, Stefano Lilipaly, Boaz Solossa

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif