Sport
Selasa, 6 Desember 2016 - 04:30 WIB

BENFICA VS NAPOLI : Partai Hidup Mati

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Napoli merayakan gol ke gawang Benfica. (REUTERS / Ciro De Luca)

Benfica vs Napoli tersaji di Liga Champions.

Solopos.com, LISBON — Persaingan Grup B menjadi yang terpanas pada fase grup Liga Champions musim ini. Sebab penentuan dua tim yang lolos ke babak 16 besar baru ditentukan pada duel penutup, Rabu (7/12/2016) pukul 02.45 WIB.

Advertisement

Dua tiket itu diperebutkan tiga tim, yakni Napoli, Benfica, dan Besiktas. Secara matematis, ketiganya masih bisa lolos. Napoli dan Benfica sama-sama mengantongi delapan poin, sementara Besiktas tertinggal satu poin dari dua rival di atas mereka itu. Sedangkan Dinamo Kiev gagal melanjutkan langkah di Liga Champions atau pun ke Liga Europa karena telah dipastikan finis di posisi buncit Grup B.

Partai penutup Grup B tengah pekan ini otomatis akan menjadi panggung hidup-mati bagi ketiga tim tersebut. Benfica akan menjamu Napoli di Estadio Da Luz, Lisbon. Sedangkan Besiktas bertamu ke kandang Dinamo Kiev, NSK Olimpijs’kyj, Kiev.

Benfica yang memiliki pengalaman menjuarai Piala Champions pada 1961 dan 1962 sebenarnya memiliki kesempatan mengunci tiket babak 16 besar pada matchday kelima, November 2016 lalu. Namun, wakil Portugal ini menyia-nyiakan keunggulan tiga gol di markas Besiktas, di Istanbul yang berakhir dengan skor 3-3.

Advertisement

Aguias (Sang Elang), julukan Benfica, pun harus membayar mahal atas tragedi di Istanbul tersebut. Mau tak mau, mereka harus menang atas Napoli pada laga penutup Grup B untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Hasil, imbang di Estadio da Luz sebenarnya bisa membuat kedua kubu sama-sama lolos namun dengan syarat Besiktas kalah dari Kiev yang sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champions dan tak memiliki harapan ke Liga Europa.

Sementara Napoli hanya perlu bermain imbang tanpa menghiraukan hasil di laga lain Grup B untuk merebut tiket ke fase knock-out. Sebab, pasukan Maurizio Sarri tersebut unggul head to head dengan Benfica karena menang 4-2 pada pertemuan pertama di Naples.

Keberangkatan Partenopei, julukan Napoli, ke Lisbon, Portugal, pun ditopang dengan hasil manis di Seri-A. Setelah sempat terdampar ke posisi keenam klasemen sementara, Lorenzo Insigne dkk. masuk zona empat besar Seri-A seusai mengalahkan Inter Milan tiga gol tanpa balas, Sabtu (3/12/2016) WIB.

Advertisement

“Sejauh ini kami masih khawatir, kami harus pergi ke sana [Lisbon] mencari kemenangan. Ini akan menjadi laga sulit, namun ini akan seperti dua laga yang disatukan. Pada 70 menit pembuka semuanya akan normal, lalu akan berbeda pada 20 menit terakhir,” jelas Sarri, seperti dilansir Worldsoccertalk.com, Senin (4/12/2016).

Modal kontras diterima Benfica di laga domestik sebelum matchday terakhir Grup B. Rentetan laga tak terkalahkan Si Elang di Portugal akhirnya terhenti setelah takluk 1-2 di markas Maritimo pada ajang Primeira Liga, Sabtu WIB. Meski demikian, Goncalo Guedes dkk. enggan menyerahkan jatah dua tiket ke babak 16 besar Liga Champions dari Grup B ke tangan Napoli dan Besiktas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif