Sport
Selasa, 6 Desember 2016 - 02:30 WIB

BASEL VS ARSENAL : Menang Saja Tak Cukup, The Gunners!

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Arsenal merayakan gol. (Reuters / Andrew Couldridge)

Basel vs Arsenal tersaji di Liga Champions.

Solopos.com, BASEL — Selama 14 musim beruntun, Arsenal selalu lolos ke fase knock-out Liga Champions. Namun, dalam enam musim terakhir, langkah pasukan Arsene Wenger terhenti di babak 16 besar.

Advertisement

Hal itu menjadi pelajaran berharga Mesut Ozil dkk. pada musim ini. Arsenal sadar mereka harus finis sebagai juara grup. Pasalnya, itu akan menentukan lawan mereka di babak 16 besar. Namun, nasib The Gunners, julukan Arsenal, dalam menentukan juara grup berada di tangan Paris-Saint Germain (PSG).

Arsenal dan PSG sudah dipastikan sebagai wakil dari Grup A yang lolos ke babak 16 besar. Kedua tim ini sama-sama mengoleksi 11 poin dalam lima laga. Namun, Arsenal kalah head to head dari rival mereka asal Prancis tersebut.

Itu artinya, meski Arsenal menang dengan skor telak atas Basel pada parta pamungkas fase grup di Stadion St. Jakob Park, Rabu (7/12) pukul 02.45 WB, mereka tetap akan finis sebagai runner-up Grup A apabila pada waktu hampir bersamaan PSG juga menang atas Ludogorets. Sebab penentuan peringkat grup Liga Champions berdasarkan poin, kemudian head to head, bukan selisih gol.

Advertisement

Arsenal boleh saja tetap berharap PSG bakal terselip ketika menjamu Ludogorets. The Gunners, julukan Arsenal, meraih poin penuh pada laga pamungkas grup setelah sebelumnya menelan tiga kali kekalahan, dua musim lalu. lni juga kali kedelapan dari sembilan musim terakhir, Arsenal harus menuntaskan laga penutup grup di kandang lawan.

Wenger digadang-gadang tetap akan menurunkan skuat terbaiknya di Basel, termasuk Alexis Sanchez yang mencetak hat-trick ketika membungkam West Ham United 5-1 pada Liga Premier, Sabtu (3/12/2016). Namun, semangat Sanchez bisa saja menurun karena persoalan kontrak. Seperti dilansir 101greatgoals.com, Senin (5/12/2016), Sanchez dan Ozil disebut-sebut belum puas dengan nilai tawaran perpanjangan kontrak yang ditawarkan The Gunners.

“Saya telah mencapai level di mana saya mampu bersaing dengan para pemain hebat. Saya tidak merasa inferior dengan siapa pun. Saya memiliki kualitas seperti [Lionel] Messi dan [Cristiano] Ronaldo. Saya punya kemampuan yang sama dengan mereka,” jelas Sanchez yang mengindikasikan kenaikan gaji jika tanda tangan kontrak baru dengan Arsenal, September 2016 lalu.

Advertisement

Sementara Granit Xhaka dan Mohamed Elneny akan bereuni dengan mantan klub mereka apabila dimainkan Wenger di Basel. Arsenal dalam tren positif sebelum bertandang ke Ibu Kota Swiss tersebut. Kemenangan atas West Ham mengerek Tim Meriam London, sebutan lain Arsenal, ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Premier.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif